(e-SH) 24 November -- Daniel 11:36-45 - Jangan Lupa Diri!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 24 November 2023
Ayat SH: Daniel 11:36-45

Judul: Jangan Lupa Diri!

Tidak ada yang kekal di dunia ini. Sekuat apa pun kita berusaha mempertahankan sesuatu, akan ada akhirnya. Demikianlah kisah yang diperlihatkan Allah kepada Daniel dalam bacaan hari ini.

Digambarkan dengan begitu jelas bahwa raja itu menghina Allah dan melakukan berbagai hal yang tidak senonoh terhadap para allah yang dipercaya oleh nenek moyang mereka (36-37). Tidak berhenti sampai di situ saja, ia pun membuat allah versinya sendiri. Ia menyembahnya serta mendorong semua orang untuk menyembah allahnya dengan iming-iming kelimpahan berkat dan kehormatan (38-39).

Dengan kuasanya, ia mencoba mengalahkan semua musuh bahkan menguasai berbagai wilayah (40-43). Namun, semua itu tidak membuat kuasanya kekal. Akan ada waktu ketika raja itu akan jatuh. Segala kuasa dan kehormatannya akan hilang lenyap. Bahkan, Alkitab mencatat bahwa pada saat ajalnya tiba, tiada seorang pun mampu menolongnya (44-45).

Kekuasaan membuat raja lupa diri. Ia melakukan semua sesuka hatinya dan apa pun yang menurutnya benar. Tidak peduli apakah itu salah atau benar, yang ia pikirkan hanyalah kesuksesan dan kejayaannya sebagai seorang raja. Ia lupa ada Allah yang lebih berkuasa dari apa pun di dunia ini.

Di satu sisi, kita belajar bahwa kekuasaan yang kita miliki-sebesar apa pun-tidak dapat mengalahkan kuasa dan kedaulatan Allah. Di sisi lain, kita belajar bahwa Allah tidak akan pernah membiarkan kejahatan atau kelaliman berkuasa selamanya. Pada waktu-Nya, Allah akan menyatakan keadilan-Nya.

Tidak ada alasan bagi kita untuk menyombongkan diri apalagi merasa tak terkalahkan. Begitu pula, tidak ada alasan bagi kita untuk takut dan gentar, apalagi meragukan kasih dan keadilan Allah.

Percayalah kepada Allah di dalam segala situasi. Jadikanlah Allah sebagai penguasa satu-satunya dalam hidup kita. Dengan demikian, bukan kebinasaan yang akan kita peroleh pada akhir zaman nanti, melainkan keselamatan dan kesempurnaan di dalam Yesus Kristus. [MAR]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/11/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Daniel+11:36-45
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+11:36-45

Daniel 11:36-45

36  Raja itu akan berbuat sekehendak hati; ia akan meninggikan dan membesarkan dirinya terhadap setiap allah. Juga terhadap Allah yang mengatasi segala allah ia akan mengucapkan kata-kata yang tak senonoh sama sekali, dan ia akan beruntung sampai akhir murka itu; sebab apa yang telah ditetapkan akan terjadi.
37  Juga para allah nenek moyangnya tidak akan diindahkannya; baik pujaan orang-orang perempuan maupun allah manapun juga tidak akan diindahkannya, sebab terhadap semuanya itu ia akan membesarkan diri.
38  Tetapi sebagai ganti semuanya itu ia akan menghormati dewa benteng-benteng: dewa yang tidak dikenal oleh nenek moyangnya akan dihormatinya dengan membawa emas dan perak dan permata dan barang-barang yang berharga.
39  Dan ia akan bertindak terhadap benteng-benteng yang diperkuat dengan pertolongan dewa asing itu. Siapa yang mengakui dewa ini akan dilimpahi kehormatan; ia akan membuat mereka menjadi berkuasa atas banyak orang dan kepada mereka akan dibagikannya tanah sebagai upah.
40  Tetapi pada akhir zaman raja negeri Selatan akan berperang dengan dia, dan raja negeri Utara itu akan menyerbunya dengan kereta dan orang-orang berkuda dan dengan banyak kapal; dan ia akan memasuki negeri-negeri, dan menggenangi dan meliputi semuanya seperti air bah.
41  Juga Tanah Permai akan dimasukinya, dan banyak orang akan jatuh; tetapi dari tangannya akan terluput tanah Edom, tanah Moab dan bagian yang penting dari bani Amon.
42  Ia akan menjangkau negeri-negeri, dan negeri Mesir tidak akan terluput.
43  Ia akan menguasai harta benda emas dan perak dan segala barang berharga negeri Mesir, dan orang Libia serta orang Etiopia akan mengikuti dia.
44  Tetapi kabar-kabar dari sebelah timur dan dari sebelah utara akan mengejutkan hatinya, sehingga ia akan keluar dengan kegeraman yang besar untuk memusnahkan dan membinasakan banyak orang.
45  Ia akan mendirikan kemah kebesarannya di antara laut dan gunung Permai yang kudus itu, tetapi kemudian ia akan menemui ajalnya dan tidak ada seorangpun yang menolongnya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar