(e-RH) 15 Oktober -- HAKIM-HAKIM 6:1-14 - JIKA TUHAN MENYERTAI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 15 Oktober 2023
Bacaan : HAKIM-HAKIM 6:1-14
Setahun: Markus 6-7
Nats: Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? ...." (Hakim-hakim 6:13)

Renungan:

JIKA TUHAN MENYERTAI

Ada banyak orang kecewa kepada Tuhan. Sebab, setelah mengikut Tuhan, masih saja mereka merasakan kesusahan. Masih ada persoalan harus dihadapi. Mereka heran bukankah mengikut Tuhan berarti kehidupan akan disertai oleh Tuhan? Dalam hati mereka bertanya, "Jika Tuhan menyertaiku, mengapa semua ini menimpaku?"

Gideon menuturkan pernyataan serupa. Gideon heran mengapa mereka, orang Israel, bangsa yang dikatakan "disertai oleh Tuhan" dibiarkan dijajah oleh bangsa Midian. Menarik jawab Tuhan kepada Gideon. "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian" (ay. 14). Tuhan mengutus Gideon pergi memerangi orang Midian sebab padanya ada kekuatan untuk mengalahkan mereka. Kata-kata "pergilah dengan kekuatanmu" mengungkap kebenaran yang kerap kita lupakan. Disertai Tuhan bukan berarti kita tidak lagi mengalami persoalan. Disertai Tuhan berarti kita telah diberi Tuhan kekuatan untuk menghadapi semua persoalan.

Penyertaan Tuhan bukan jaminan ketiadaan persoalan. Faktanya, selama kita hidup menumpang di dunia ini, kita masih mengalami aneka ragam persoalan. Penyertaan Tuhan ialah jaminan kemenangan. Aneka ragam persoalan menerpa kehidupan kita, tetapi kita selalu diberi kemampuan mengatasinya. Sebab pada kita ada kekuatan dari Tuhan. Bila hari ini kita mengalami persoalan, jangan tawar hati berkata, "Jika Tuhan menyertai, mengapa hal ini menimpaku?" Sebaliknya, mari penuh percaya diri kita pergi memerangi persoalan dengan kekuatan yang sudah Tuhan anugerahkan bagi kita. --LIN/www.renunganharian.net
   
DISERTAI TUHAN BUKAN BERARTI PERSOALAN TIDAK LAGI AKAN DATANG, NAMUN KITA SELALU DIBERI KEKUATAN MENGATASINYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/10/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?HAKIM-HAKIM+6:1-14

HAKIM-HAKIM 6:1-14

 1  Tetapi orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Midian, tujuh tahun lamanya,
 2  dan selama itu orang Midian berkuasa atas orang Israel. Karena takutnya kepada orang Midian itu, maka orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni gua-gua dan kubu-kubu.
 3  Setiap kali orang Israel selesai menabur, datanglah orang Midian, orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur, lalu maju mendatangi mereka;
 4  berkemahlah orang-orang itu di daerah mereka, dan memusnahkan hasil tanah itu sampai ke dekat Gaza, dan tidak meninggalkan bahan makanan apapun di Israel, juga domba, atau lembu atau keledaipun tidak.
 5  Sebab orang-orang itu datang maju dengan ternaknya dan kemahnya, dan datangnya itu berbanyak-banyak seperti belalang. Orang-orangnya dan unta-untanya tidak terhitung banyaknya, sekaliannya datang ke negeri itu untuk memusnahkannya,
 6  sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu. Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN.
 7  Ketika orang Israel berseru kepada TUHAN karena orang Midian itu,
 8  maka TUHAN mengutus seorang nabi kepada orang Israel, yang berkata kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang menuntun kamu keluar dari Mesir dan yang membawa kamu keluar dari rumah perbudakan.
 9  Aku melepaskan kamu dari tangan orang Mesir dan dari tangan semua orang yang menindas kamu, bahkan Aku menghalau mereka dari depanmu dan negeri mereka Kuberikan kepadamu.
10  Dan Aku telah berfirman kepadamu: Akulah TUHAN, Allahmu, maka janganlah kamu menyembah allah orang Amori, yang negerinya kamu diami ini. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku itu."
11  Kemudian datanglah Malaikat TUHAN dan duduk di bawah pohon tarbantin di Ofra, kepunyaan Yoas, orang Abiezer itu, sedang Gideon, anaknya, mengirik gandum dalam tempat pemerasan anggur agar tersembunyi bagi orang Midian.
12  Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."
13  Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? Di manakah segala perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib yang diceritakan oleh nenek moyang kami kepada kami, ketika mereka berkata: Bukankah TUHAN telah menuntun kita keluar dari Mesir? Tetapi sekarang TUHAN membuang kami dan menyerahkan kami ke dalam cengkeraman orang Midian."
14  Lalu berpalinglah TUHAN kepadanya dan berfirman: "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!"

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Markus+6-7
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+6-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar