(e-SH) 20 Agustus -- 1 Tawarikh 20 - Berjuang Bersama Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 20 Agustus 2023
Ayat SH: 1 Tawarikh 20

Judul: Berjuang Bersama Allah

Hidup yang kita lalui penuh dengan perjuangan. Allah menganugerahkan berkat bukan supaya kita menjadi anak-anak-Nya yang terlena dengan situasi nyaman dan tak punya tujuan hidup. Justru kita ditantang oleh Allah untuk memiliki sesuatu yang dapat diperjuangkan dalam masa hidup kita yang singkat ini.

Kehidupan yang dijalani oleh bangsa Israel di tanah perjanjian bukanlah kehidupan yang bebas tantangan. Negeri tersebut memang berlimpah susu dan madunya. Akan tetapi, di balik itu ada ancaman dari bangsa-bangsa lain yang harus senantiasa diwaspadai.

Kisah pada hari ini menceritakan kemenangan Yoab, pemimpin pasukan Israel, yang berhasil mengalahkan bani Amon dan kota Raba (1). Dari kemenangan itu, Daud memperoleh mahkota emas bertatahkan batu permata yang mahal, jarahan yang berlimpah, dan penduduk Amon yang dijadikan budak (2-3). Pada masa itu, sudah menjadi suatu kewajaran bagi pihak yang menang untuk mengambil apa yang mereka kehendaki.

Pada pertempuran berikutnya mereka melawan orang Filistin di Gezer. Sibkhai, orang Husa, memukul kalah Sipai dari keturunan raksasa. Elhanan bin Yair berhasil membunuh Lahmi, saudara Goliat (4-5). Yonatan, anak Simea kakak Daud, dalam perang melawan Filistin di Gat berhasil membunuh seorang keturunan raksasa (6-8).

Kemenangan demi kemenangan dicapai oleh bangsa Israel. Hal itu adalah bagian dari perjuangan Daud dan bala tentaranya. Namun, yang terlebih penting, hal itu dapat terjadi karena Allah menyertai perjuangan mereka dan menjanjikan kemenangan kepada Daud. Perjuangan itu membuahkan hasil yang memuaskan karena disertai dengan keterpusatan pada Allah yang menjadi sumber kehidupan dan perlindungan umat-nya.

Sudahkah perjuangan kita dalam mencapai prestasi dan kesuksesan diselaraskan dengan keterpusatan seluruh hidup kita kepada Allah?

Ingatlah bahwa Allah berkenan untuk memberikan kemenangan bagi kita. Kini apa yang perlu kita lakukan adalah tetap teguh berjuang sebagai umat milik-Nya dan senantiasa bergantung pada-Nya. [WDN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/08/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+20

1 Tawarikh 20

 1  Pada pergantian tahun, pada waktu raja-raja biasanya maju berperang, maka Yoab membawa keluar bala tentaranya, lalu ia memusnahkan negeri bani Amon, kemudian ia maju dan mengepung kota Raba, sedang Daud sendiri tinggal di Yerusalem. Yoab memukul kalah Raba dan meruntuhkannya.
 2  Sesudah itu Daud mengambil mahkota dari kepala raja mereka, beratnya ternyata setalenta emas, bertatahkan sebuah batu permata yang mahal dan itu dikenakan pada kepala Daud. Juga diangkutnya banyak sekali jarahan dari kota itu.
 3  Penduduk kota itu diangkutnya dan dipaksanya bekerja dengan gergaji, penggerek besi dan kapak. Demikianlah juga diperlakukan Daud segala kota bani Amon. Sesudah itu pulanglah Daud dengan seluruh tentara ke Yerusalem.
 4  Sesudah itu timbullah pertempuran melawan orang Filistin di Gezer; pada waktu itu Sibkhai, orang Husa, memukul kalah Sipai, seorang dari keturunan raksasa, dan mereka ditundukkan.
 5  Maka terjadilah lagi pertempuran melawan orang Filistin, lalu Elhanan bin Yair menewaskan Lahmi, saudara Goliat, orang Gat itu, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.
 6  Lalu terjadi lagi pertempuran di Gat; dan di sana ada seorang yang tinggi perawakannya, yang tangannya dan kakinya masing-masing berjari enam: dua puluh empat seluruhnya; juga orang ini termasuk keturunan raksasa.
 7  Ia mengolok-olok orang Israel, maka Yonatan, anak Simea kakak Daud, menewaskannya.
 8  Orang-orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar