(e-SH) 18 Agustus -- 1 Tawarikh 18 - Kemenangan dalam Tuhan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 18 Agustus 2023
Ayat SH: 1 Tawarikh 18

Judul: Kemenangan dalam Tuhan

Sebagai orang yang menjalani hidup di dunia, sering kali kita berhadapan dengan situasi dan kondisi yang memojokkan kita. Kadang tantangan dalam berbagai segi kehidupan membuat kita gentar, bahkan merasa tak berdaya. Dalam situasi demikian, kita perlu berpaling pada satu-satunya sumber kekuatan yang dapat memberi kita kemenangan, yakni Allah Pencipta alam semesta.

Bangsa Israel harus membangun kerajaan mereka di tengah situasi yang tidak mudah. Mereka dikelilingi oleh kerajaan-kerajaan yang jauh lebih kuat. Bacaan kita kali ini menggambarkan Daud yang berjuang bagi rakyatnya untuk menghadapi berbagai bangsa di sekeliling Israel (1-6a, 11b-13a).

Walau pasukan Daud bukan pasukan yang terbesar, nyatanya Tuhan memberikan kemenangan kepada Daud (6b, 13b). Banyak hal diperolehnya dari kemenangan tersebut: kota musuh, upeti emas dan perak, sarana militer, hingga orang Aram dan orang Edom sebagai budak. Raja Hamat bahkan secara khusus menyatakan terima kasih kepada Daud dengan memberi emas, perak, dan tembaga karena Daud telah mengalahkan Hadadezer yang memusuhinya (9-10).

Di tengah kemenangan yang luar biasa itu, Daud selalu mencoba bersikap rendah hati dengan tidak meninggikan dirinya dan menyadari bahwa kemenangan itu adalah karunia Allah semata-mata. Sebagai wujud syukur, semua barang-barang itu ia khususkan bagi Tuhan (11a).

Mari kita juga menyadari bahwa di tengah pergumulan hidup, hanya Tuhan yang sanggup memberikan kelepasan dan kemenangan. Sebaliknya, saat kita menikmati keberhasilan dalam hidup, kiranya kita selalu mengingat bahwa itu semua adalah berkat Tuhan.

Terkadang di tengah kesenangan kita lupa bahwa Tuhan sajalah yang menjadi sumber kemenangan dan sukacita kita. Jika kita mengakui bahwa Tuhan adalah pemberi segala sesuatu, termasuk keberhasilan kita, juga bahwa iman adalah hasil yang muncul dari relasi yang intim dengan Tuhan, marilah kita senantiasa memuliakan Allah dalam hidup yang kita jalani saat ini. [WDN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/08/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+18
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+18

1 Tawarikh 18

 1  Sesudah itu Daud memukul kalah orang Filistin dan menundukkan mereka; lalu ia merebut Gat dan segala anak kotanya dari tangan orang Filistin.
 2  Dan Daud memukul kalah orang Moab, sehingga orang Moab takluk kepadanya dan harus mempersembahkan upeti.
 3  Selanjutnya Daud memukul kalah Hadadezer, raja Zoba, dekat Hamat, ketika ia pergi menegakkan kekuasaannya pada sungai Efrat.
 4  Daud merebut dari padanya seribu kereta, tujuh ribu orang pasukan berkuda dan dua puluh ribu orang pasukan berjalan kaki, lalu Daud menyuruh memotong urat keting segala kuda kereta, tetapi dengan meninggalkan seratus ekor kuda kereta.
 5  Lalu orang Aram dari Damsyik datang menolong Hadadezer, raja Zoba, tetapi dari antara orang Aram itu Daud menewaskan dua puluh dua ribu orang.
 6  Kemudian Daud menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di daerah orang Aram dari Damsyik, dan orang Aram itu menjadi budak Daud yang harus mempersembahkan upeti. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.
 7  Sesudah itu Daud mengangkut perisai-perisai emas yang dipakai oleh orang-orang Hadadezer, lalu membawanya ke Yerusalem.
 8  Dan dari Tibhat dan dari Kun, yaitu kota-kotanya Hadadezer, Daud mengangkut amat banyak tembaga; dari padanya Salomo membuat "laut" tembaga, tiang-tiang dan perlengkapan tembaga.
 9  Ketika didengar Tou, raja Hamat, bahwa Daud telah memukul kalah seluruh tentara Hadadezer, raja Zoba,
10  maka ia mengutus Hadoram, anaknya, kepada raja Daud untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat kepadanya, karena ia telah berperang melawan Hadadezer dan memukul dia kalah, sebab Hadadezer sering memerangi Tou. Dan Hadoram membawa pelbagai barang-barang emas, perak dan tembaga.
11  Juga barang-barang ini dikhususkan raja Daud bagi TUHAN, bersama-sama perak dan emas yang diangkutnya dari segala bangsa, yakni dari orang Edom, dari orang Moab, dari bani Amon, dari orang Filistin dan dari orang Amalek.
12  Abisai, anak Zeruya, menewaskan delapan belas ribu orang Edom di Lembah Asin.
13  Lalu ia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom, sehingga seluruh Edom diperbudak oleh Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang.
14  Demikianlah Daud telah memerintah atas seluruh Israel, dan menegakkan keadilan dan kebenaran bagi seluruh bangsanya.
15  Yoab, anak Zeruya, menjadi panglima; Yosafat bin Ahilud menjadi bendahara;
16  Zadok bin Ahitub dan Ahimelekh bin Abyatar menjadi imam; Sausa menjadi panitera;
17  Benaya bin Yoyada menjadi panglima orang Kreti dan orang Pleti; dan anak-anak Daud adalah orang-orang utama yang diperbantukan kepada raja.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar