(e-RH) 8 Agustus -- KEJADIAN 31:1-9 - BERUBAH

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 8 Agustus 2023
Bacaan : KEJADIAN 31:1-9
Setahun: Yesaya 38-42
Nats: Lalu ia berkata kepada mereka: "Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku." (Kejadian 31:5)

Renungan:

BERUBAH

Bagi Yakub, Laban adalah seorang pelindung, penjaga serta penyelamatnya pada awal pelariannya. Laban memberinya tumpangan, pekerjaan serta jaminan masa depan. Namun beberapa waktu kemudian, situasi berubah. Laban mulai menganggapnya sebagai aset untuk dieksploitasi. Lama-kelamaan, ia dianggap sebagai ancaman yang dapat merebut semua kekayaan Laban. Yakub pun menghadapi berbagai tipuan serta kecurangan dari sang mertua. Puncaknya, 20 tahun kemudian, Yakub memutuskan untuk melarikan diri dari Laban, dengan membawa keluarga serta harta miliknya.

Manusia bisa berubah, bahkan dalam sekejap. Yang tadinya menyambut kita dengan sukacita, bisa menjadi orang yang paling membenci kehadiran kita. Yang tadinya paling mendukung, bisa menjadi penentang utama kita. Yang tadinya bersikap ramah dan murah hati, bisa menjadi ketus dan suka mengungkit pemberiannya. Ini terjadi tidak selalu karena kita melakukan kesalahan. Sebaliknya, bisa saja karena kita memiliki kualitas hidup yang lebih baik, sehingga kehadiran kita membuatnya merasa tersisih.

Ini berarti bahwa kita tidak seharusnya bersandar pada manusia, karena sikap setiap orang dapat berubah sewaktu-waktu. Syukurlah Yakub menyadari hal itu, sehingga ia tidak menggantungkan hidupnya kepada sang mertua. Sebaliknya, ia berserah kepada penyertaan Allah. Dialah yang membuat segala usaha Yakub berhasil, bahkan melampaui kekayaan sang mertua. Dialah Allah yang berjanji untuk selalu menyertai, melindungi, memelihara serta memberkati kita. Dia tidak pernah berubah. Kita dapat memegang janji-Nya serta sepenuhnya menyandarkan hidup kita kepada-Nya. --HT/www.renunganharian.net
   
DI TENGAH ARUS DUNIA YANG SENANTIASA BERUBAH-UBAH, KITA BERSYUKUR MEMILIKI ALLAH YANG SETIA DAN TIDAK PERNAH BERUBAH.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/08/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KEJADIAN+31:1-9

KEJADIAN 31:1-9

 1  Kedengaranlah kepada Yakub anak-anak Laban berkata demikian: "Yakub telah mengambil segala harta milik ayah kita dan dari harta itulah ia membangun segala kekayaannya."
 2  Lagi kelihatan kepada Yakub dari muka Laban, bahwa Laban tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadanya.
 3  Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yakub: "Pulanglah ke negeri nenek moyangmu dan kepada kaummu, dan Aku akan menyertai engkau."
 4  Sesudah itu Yakub menyuruh memanggil Rahel dan Lea untuk datang ke padang, ke tempat kambing dombanya,
 5  lalu ia berkata kepada mereka: "Telah kulihat dari muka ayahmu, bahwa ia tidak lagi seperti yang sudah-sudah kepadaku, tetapi Allah ayahku menyertai aku.
 6  Juga kamu sendiri tahu, bahwa aku telah bekerja sekuat-kuatku pada ayahmu.
 7  Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.
 8  Apabila ia berkata: yang berbintik-bintiklah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang berbintik-bintik; dan apabila ia berkata: yang bercoreng-corenglah akan menjadi upahmu, maka segala kambing domba itu beroleh anak yang bercoreng-coreng.
 9  Demikianlah Allah mengambil ternak ayahmu dan memberikannya kepadaku.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yesaya+38-42
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+38-42

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar