(e-SH) 17 Juli -- Ester 5:1-8 - Peka terhadap Maksud Sesama

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 17 Juli 2023
Ayat SH: Ester 5:1-8

Judul: Peka terhadap Maksud Sesama

"Ada udang di balik bakwan" merupakan pelesetan dari peribahasa "Ada udang di balik batu". Peribahasa itu berarti ada maksud terselubung dari perkataan atau perbuatan seseorang. Maksud itu biasanya dianggap sebagai maksud negatif, tetapi tak menutup kemungkinan maksud itu adalah maksud positif.

Raja Ahasyweros cukup peka. Dia tahu bahwa ketika Ester, ratunya, menghadap (1), hal itu karena Ester memiliki suatu keinginan. Demikian pula dengan perjamuan yang diadakan (4), tentu ada sesuatu yang hendak dimintanya. Oleh karena itu, raja menanyainya sampai dua kali (3, 6).

Kepekaan yang dimiliki oleh raja bisa jadi terasah karena ia terbiasa menghadapi banyak orang. Tidak sembarang orang bisa menghadap kepadanya setiap saat. Hanya orang-orang yang dipanggillah yang bisa menghadap raja. Namun, Ester berani mengambil risiko dengan menghadap tanpa dipanggil. Tentu, ada sesuatu yang sangat penting. Kepekaan raja dalam membaca situasi ini nantinya menyelamatkan suatu bangsa yang besar.

Kita perlu mengasah kepekaan seperti Raja Ahasyweros, bukan untuk menjadi selalu curiga bahwa orang lain pasti memiliki niat terselubung, tetapi untuk menjadi pandai dalam melihat hal-hal yang tidak langsung terungkap secara lisan. Tak jarang orang merasa takut atau sungkan untuk mengungkapkan maksud hatinya secara gamblang.

Tidak mustahil, seseorang tak mampu menyampaikan sesuatu yang penting, lalu berubah menjadi pendiam atau pembangkang. Misalnya, anak yang mengalami pelecehan sering kali takut bercerita kepada orang tuanya. Dalam hal ini, orang tua perlu peka membaca sikap anak.

Ketika kita peka, kita bisa memberi ruang kepada sesama untuk mengungkapkan perasaan dan harapannya. Teman atau saudara kita dapat merasakan bahwa dia aman bersama kita. Tidak mustahil, ada masa depan yang terselamatkan karena kepekaan kita. Melalui kepekaan kita, maksud yang baik dapat tersampaikan dan Tuhan berkarya memulihkan keadaan sesama kita. [KRS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/07/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ester+5:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ester+5:1-8

Ester 5:1-8

 1  Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu.
 2  Ketika raja melihat Ester, sang ratu, berdiri di pelataran, berkenanlah raja kepadanya, sehingga raja mengulurkan tongkat emas yang di tangannya ke arah Ester, lalu mendekatlah Ester dan menyentuh ujung tongkat itu.
 3  Tanya raja kepadanya: "Apa maksudmu, hai ratu Ester, dan apa keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu."
 4  Jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, datanglah kiranya raja dengan Haman pada hari ini ke perjamuan yang diadakan oleh hamba bagi raja."
 5  Maka titah raja: "Suruhlah Haman datang dengan segera, supaya kami memenuhi permintaan Ester." Lalu raja datang dengan Haman ke perjamuan yang diadakan oleh Ester.
 6  Sementara minum anggur bertanyalah raja kepada Ester: "Apakah permintaanmu? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan dipenuhi."
 7  Maka jawab Ester: "Permintaan dan keinginan hamba ialah:
 8  Jikalau hamba mendapat kasih raja, dan jikalau baik pada pemandangan raja mengabulkan permintaan serta memenuhi keinginan hamba, datang pulalah kiranya raja dengan Haman ke perjamuan yang akan hamba adakan bagi raja dan Haman; maka besok akan hamba lakukan yang dikehendaki raja."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar