(e-RH) 11 Mei -- 1 SAMUEL 12:16-25 - TAK AKAN BERHENTI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 11 Mei 2023
Bacaan : 1 SAMUEL 12:16-25
Setahun: 1 Tawarikh 1-2
Nats: "Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus." (1 Samuel 12:23)

Renungan:

TAK AKAN BERHENTI

Samuel dikenal sangat bijaksana saat menjadi pengadil bagi orang-orang Israel. Ia melayani dengan sungguh-sungguh sebagai seorang nabi dan imam pilihan Tuhan. Samuel menjalankan panggilan hidupnya dengan seluruh kemampuan dan pengabdian yang begitu baik, baik di hadapan Tuhan maupun umat-Nya.

Kesetiaan Samuel diuji ketika bangsanya menghendaki seorang raja manusia seperti yang dimiliki oleh bangsa-bangsa lain. Samuel kecewa mendengar keinginan bangsanya itu. Di sisi lain, Samuel menangis karena Tuhan berkata bahwa bukan dirinya yang mereka tolak, tetapi Tuhanlah yang mereka tolak. Alih-alih meninggalkan bangsanya itu, Samuel dengan sabar berkata, "Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu" (ay. 23).

Bukankah kita pun kerap mengalami penolakan-penolakan yang sama seperti yang dialami Samuel? Kesungguhan kita melayani ternyata tidak selamanya memuaskan orang-orang yang kita layani, lalu mereka menolak kita. Apa reaksi kita? Belajar dari Samuel, kiranya kita didapati Tuhan tetap setia kepada panggilan hidup kita. Meski beberapa orang meragukan kesetiaan kita, kiranya kita tidak menjadi kecewa dan tetap setia melayani Tuhan. Diragukan dan ditolak memang mengecewakan, tetapi hal itu tidak mengubah hati kita untuk tetap setia memenuhi panggilan hidup kita. --SYS/www.renunganharian.net
   
KETEGUHAN HATI DAN KESETIAAN KITA TERUJI KETIKA ORANG-ORANG MULAI MERAGUKAN INTEGRITAS HIDUP KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/05/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+SAMUEL+12:16-25

1 SAMUEL 12:16-25

16  Sekarang tinggallah berdiri dan lihatlah perkara yang besar yang akan dilakukan TUHAN di depan matamu ini.
17  Bukankah sekarang musim menuai gandum? Aku akan berseru kepada TUHAN, supaya Ia memberikan guruh dan hujan. Lihatlah dan sadarlah, bahwa besar kejahatan yang telah kamu lakukan itu di mata TUHAN dengan meminta raja bagimu."
18  Lalu berserulah Samuel kepada TUHAN, maka TUHAN memberikan pada hari itu guruh dan hujan, sehingga sangat takutlah seluruh bangsa itu kepada TUHAN dan kepada Samuel.
19  Berkatalah seluruh bangsa itu kepada Samuel: "Berdoalah untuk hamba-hambamu ini kepada TUHAN, Allahmu, supaya jangan kami mati, sebab dengan meminta raja bagi kami, kami menambah dosa kami dengan kejahatan ini."
20  Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: "Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.
21  Janganlah menyimpang untuk mengejar dewa kesia-siaan yang tidak berguna dan tidak dapat menolong karena semuanya itu adalah kesia-siaan belaka.
22  Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, sebab nama-Nya yang besar. Bukankah TUHAN telah berkenan untuk membuat kamu menjadi umat-Nya?
23  Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus.
24  Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.
25  Tetapi jika kamu terus berbuat jahat, maka kamu akan dilenyapkan, baik kamu maupun rajamu itu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+1-2
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+1-2

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar