(e-SH) 30 April -- Ulangan 27 - Kutuk!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 30 April 2023
Ayat SH: Ulangan 27

Judul: Kutuk!

Umat Israel terikat dalam perjanjian dengan Allah. Pengingkaran terhadap janji tersebut berarti ketidaksetiaan terhadap Allah, yang pada akhirnya menimbulkan konsekuensi buruk.

Sebelum umat Israel memasuki Tanah Perjanjian, Musa dan para tua-tua sudah memerintahkan agar mereka setia kepada Allah. Umat harus mendirikan batu peringatan dan mazbah, juga memberikan persembahan di atas mazbah itu. Tujuannya adalah agar mereka terus mengingat perjanjian Allah (2-8). Mereka akan menjadi umat-Nya dan melakukan perintah-Nya (9-10). Bagi orang yang tidak setia, ia akan mendapat kutuk.

Kutuk ini akan disampaikan oleh imam dan akan disahut dengan kata "amin" oleh segenap umat Israel (15). Kutuk ini diberikan agar umat Israel tetap hidup dalam ketetapan Tuhan. Peraturan perihal kutuk inilah yang mengatur hubungan Allah dengan manusia, sedangkan peraturan yang lain berkaitan dengan hubungan antarmanusia (16-26).

Allah menaruh kepedulian besar terhadap relasi yang setia. Allah menuntut umat-Nya untuk setia kepada-Nya dengan tidak menyembah berhala. Selebihnya, Ia juga memberikan peraturan agar hidup manusia tidak menjadi chaos. Peraturan ini menjadi sebuah kesepakatan bersama untuk memelihara kehidupan yang bersih dari segala kejahatan, yang ditandai dengan seruan "Amin".

Ada dua hal yang paling penting dalam kekristenan. Pertama, kita harus setia kepada Allah. Mungkin sekarang kita tidak secara harfiah menyembah patung. Tetapi, berhala modern dapat mengambil bentuk-bentuk yang lebih canggih, misalnya uang, gelar, jumlah follower, game online, dan lain-lain. Karena itu, kita perlu mengevaluasi diri secara terus-menerus.

Kedua, kita harus menjunjung tinggi kemanusiaan. Sebagai seorang Kristen, kita harus menyetujui bahwa kejahatan-dalam bentuk apa pun-tidak diperbolehkan. Pasalnya, kita juga termasuk sebagai umat perjanjian Tuhan. Maka, marilah kita selalu mengingat segala kebaikan-Nya dan menjalankan peraturan-Nya dengan setia. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/04/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+27
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+27

Ulangan 27

 1  Lagi Musa dan para tua-tua Israel memerintahkan kepada bangsa itu: "Berpeganglah pada segenap perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini.
 2  Dan pada hari kamu menyeberangi sungai Yordan ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka haruslah engkau menegakkan batu-batu besar, dan mengapurnya,
 3  lalu pada batu itu haruslah kautuliskan segala perkataan hukum Taurat ini, sesudah engkau menyeberang, supaya engkau masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, seperti yang dijanjikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu.
 4  Dan sesudah kamu menyeberangi sungai Yordan, maka haruslah batu-batu itu, yang telah kuperintahkan kepadamu pada hari ini, kamu tegakkan di gunung Ebal dan kaukapuri.
 5  Juga haruslah kaudirikan di sana mezbah bagi TUHAN, Allahmu, suatu mezbah dari batu yang tidak boleh kauolah dengan perkakas besi.
 6  Dari batu yang tidak dipahat haruslah kaudirikan mezbah TUHAN, Allahmu, itu dan di atasnya haruslah kaupersembahkan korban bakaran kepada TUHAN, Allahmu.
 7  Juga haruslah engkau mempersembahkan korban keselamatan, memakannya di sana dan bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu.
 8  Selanjutnya haruslah engkau menuliskan pada batu-batu itu segala perkataan hukum Taurat ini dengan jelas dan terang."
 9  Juga berbicaralah Musa dan imam-imam orang Lewi kepada seluruh orang Israel: "Diamlah dan dengarlah, hai orang Israel. Pada hari ini engkau telah menjadi umat TUHAN, Allahmu.
10  Sebab itu engkau harus mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini."
11  Pada hari itu Musa memberi perintah kepada bangsa itu:
12  "Sesudah kamu menyeberangi sungai Yordan, maka mereka inilah yang harus berdiri di gunung Gerizim untuk memberkati bangsa itu, yakni suku Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Yusuf dan Benyamin.
13  Dan mereka inilah yang harus berdiri di gunung Ebal untuk mengutuki, yakni suku Ruben, Gad, Asyer, Zebulon, Dan serta Naftali.
14  Maka haruslah orang-orang Lewi mulai bicara dan mengatakan kepada seluruh orang Israel dengan suara nyaring:
15  Terkutuklah orang yang membuat patung pahatan atau patung tuangan, suatu kekejian bagi TUHAN, buatan tangan seorang tukang, dan yang mendirikannya dengan tersembunyi. Dan seluruh bangsa itu haruslah menjawab: Amin!
16  Terkutuklah orang yang memandang rendah ibu dan bapanya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
17  Terkutuklah orang yang menggeser batas tanah sesamanya manusia. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
18  Terkutuklah orang yang membawa seorang buta ke jalan yang sesat. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
19  Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
20  Terkutuklah orang yang tidur dengan isteri ayahnya, sebab ia telah menyingkapkan punca kain ayahnya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
21  Terkutuklah orang yang tidur dengan binatang apapun. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
22  Terkutuklah orang yang tidur dengan saudaranya perempuan, anak ayah atau anak ibunya. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
23  Terkutuklah orang yang tidur dengan mertuanya perempuan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
24  Terkutuklah orang yang membunuh sesamanya manusia dengan tersembunyi. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
25  Terkutuklah orang yang menerima suap untuk membunuh seseorang yang tidak bersalah. Dan seluruh bangsa itu harus berkata: Amin!
26  Terkutuklah orang yang tidak menepati perkataan hukum Taurat ini dengan perbuatan. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar