(e-SH) 22 April -- Ulangan 21:18-23 - Menjaga Kekudusan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 22 April 2023
Ayat SH: Ulangan 21:18-23

Judul: Menjaga Kekudusan

Di Indonesia kita mengenal cerita tentang Malin Kundang, anak durhaka yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya.

Sekarang di dalam Kitab Ulangan, kita dapat menemukan perintah untuk menghukum anak yang membangkang dan tidak mau mendengarkan perkataan orang tuanya, bahkan setelah ia dihajar, dengan cara melemparinya dengan batu sampai mati (18-21).

Memang menghukum anak hingga mati tampak kejam. Namun, hal itu dilakukan bukan dengan semena-mena. Hukuman ini baru boleh dijatuhkan ketika anak itu sudah membangkang berkali-kali, tidak mau menerima teguran apa pun, dan telah dibawa kepada para tua-tua kota. Maka, aturan ini dibuat bukan untuk mendukung pembunuhan atas nama hukuman dan disiplin, melainkan untuk menjaga supaya orang tua tidak berbuat sesuka hati terhadap anak-anak mereka.

Tak hanya orang tua terhadap anak, ada juga aturan bagi seluruh umat terhadap orang yang dihukum mati. Tuhan memerintahkan bahwa orang yang dihukum mati harus segera diturunkan (22-23). Ia tidak boleh dibiarkan tergantung terus-menerus sehingga menjadi bahan olok-olok. Maka, melalui pemakaman yang selayaknya, keluarganya bisa mendapat ketenangan.

Sekalipun terkesan kejam, aturan-aturan tadi mengajak kita untuk menghargai keberadaan orang lain, bahkan orang yang lebih muda dan orang yang bersalah sekalipun.

Aturan-aturan ini bertujuan untuk menjaga kekudusan Tuhan, tanah-Nya, dan umat-Nya. Orang jahat harus dihapuskan dan tanah pemberian Tuhan tidak boleh dinajiskan. Namun, pada saat yang sama, sesama manusia harus dihargai dan keadilan tidak boleh dilupakan.

Mari kita juga menjaga perilaku kita supaya kita selalu menghargai orang lain, baik yang usianya lebih tua atau muda, yang status sosialnya lebih tinggi atau rendah, maupun yang dikenal sebagai orang baik atau jahat. Dengan demikian, kita tetap menjaga diri kita kudus di dalam Tuhan.

Sebagaimana Tuhan menyediakan kasih dan keadilan-Nya bagi semua orang, demikian juga kita. [KRS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/04/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+21:18-23
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+21:18-23

Ulangan 21:18-23

18  "Apabila seseorang mempunyai anak laki-laki yang degil dan membangkang, yang tidak mau mendengarkan perkataan ayahnya dan ibunya, dan walaupun mereka menghajar dia, tidak juga ia mendengarkan mereka,
19  maka haruslah ayahnya dan ibunya memegang dia dan membawa dia keluar kepada para tua-tua kotanya di pintu gerbang tempat kediamannya,
20  dan harus berkata kepada para tua-tua kotanya: Anak kami ini degil dan membangkang, ia tidak mau mendengarkan perkataan kami, ia seorang pelahap dan peminum.
21  Maka haruslah semua orang sekotanya melempari anak itu dengan batu, sehingga ia mati. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu; dan seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut."
22  "Apabila seseorang berbuat dosa yang sepadan dengan hukuman mati, lalu ia dihukum mati, kemudian kaugantung dia pada sebuah tiang,
23  maka janganlah mayatnya dibiarkan semalam-malaman pada tiang itu, tetapi haruslah engkau menguburkan dia pada hari itu juga, sebab seorang yang digantung terkutuk oleh Allah; janganlah engkau menajiskan tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar