(e-RH) 1 Mei -- YOHANES 3:1-13 - LAHIR KEMBALI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 1 Mei 2023
Bacaan : YOHANES 3:1-13
Setahun: 2 Raja-raja 1-3
Nats: Yesus menjawab, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah." (Yohanes 3:3)

Renungan:

LAHIR KEMBALI

Menanggapi kesaksian seorang teman tentang pertobatan dan lahir baru, Jon berkata, "Orang tuaku Kristen. Aku sudah Kristen sejak lahir. Jadi, pertobatan dan dilahirkan baru seperti apa lagi yang aku perlukan?"

Kepada Nikodemus, Yesus mengatakan jika seorang tidak dilahirkan kembali dari air dan Roh Allah, orang itu tidak dapat menjadi anggota umat Allah. Yesus juga menegaskan bahwa Nikodemus harus dilahirkan kembali (ay. 7). Padahal, Nikodemus adalah seorang Farisi, pemimpin agama Yahudi, pengajar Israel. Bukankah Nikodemus mumpuni dalam ilmu agama, terlebih taurat? Ya. Namun, menjadi umat Allah memerlukan kelahiran spiritual, yang dikerjakan oleh Roh Kudus.

Orang yang lahir baru berarti berjumpa dan mengalami Tuhan secara pribadi, di dalam persekutuan Roh. Karena menjadi Kristen tidak mungkin diupayakan oleh manusia berdosa tanpa bantuan anugerah Allah. Bahkan oleh seorang ahli agama sekalipun. Lahir baru dalam Roh Kudus menjadikan orang memiliki persekutuan yang intim bersama Kristus. Bertobat, mengalami perubahan total dari natur dosa menuju natur ilahi. Mengalami kedewasaan rohani, menerapkan buah-buah roh dalam kehidupannya.

Dilahirkan di tengah keluarga Kristen, dan menguasai ilmu agama Kristen tidak otomatis menjadikan kita Kristen sejati. Sebagaimana Nikodemus, kita pun harus mengalami kelahiran kembali. Dilahirkan secara spiritual di dalam Roh, supaya mengalami pembaruan diri: bertobat dan mengalami kedewasaan rohani yang menghasilkan buah-buah roh. --EBL/www.renunganharian.net
   
BUKAN SEKADAR PERSEMBAHAN, PELAYANAN DAN BERBAGAI TANDA KEAGAMAAN, DIPERLUKAN PEMBARUAN DARI ROH KUDUS SUPAYA KITA BERKENAN KEPADA-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/05/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?YOHANES+3:1-13

YOHANES 3:1-13

 1  Adalah seorang Farisi yang bernama Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi.
 2  Ia datang pada waktu malam kepada Yesus dan berkata: "Rabi, kami tahu, bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya."
 3  Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
 4  Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"
 5  Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.
 6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.
 7  Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.
 8  Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."
 9  Nikodemus menjawab, katanya: "Bagaimanakah mungkin hal itu terjadi?"
10  Jawab Yesus: "Engkau adalah pengajar Israel, dan engkau tidak mengerti hal-hal itu?
11  Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi tentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami.
12  Kamu tidak percaya, waktu Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal duniawi, bagaimana kamu akan percaya, kalau Aku berkata-kata dengan kamu tentang hal-hal sorgawi?
13  Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+1-3
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar