(e-SH) 25 Maret -- Matius 24:15-28 - Waspada Delusi

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 25 Maret 2023
Ayat SH: Matius 24:15-28

Judul: Waspada Delusi

Sejak abad pertama pun ada orang-orang yang mengalami delusi. Mereka merasa diri superior dan merasa memiliki kepekaan spiritual dari Tuhan. Tak jarang mereka memanipulasi umat dengan menuntut ketaatan buta, pemujaan, dan persembahan demi memperkaya diri. Mereka sangat yakin bahwa mereka diurapi Tuhan serta mengeklaim diri sebagai mesias.

Sebelum kedatangan Yesus yang kedua, akan terjadi masa penindasan yang sangat dahsyat (15-21), yang juga menimpa para pengikut Kristus (22). Yesus menyatakan bahwa di tengah situasi yang kacau ini, akan ada banyak penyesat yang mengeklaim dirinya sebagai mesias. Mereka akan menunjukkan tanda dan mukjizat yang dahsyat sehingga menarik banyak pengikut (23-24).

Banyak orang berada dalam kondisi tidak menentu, tidak memiliki arah, dan membutuhkan pegangan. Kadang kondisi ini membuat mereka mudah percaya dengan klaim-klaim hebat dari orang-orang yang memiliki delusi. Para penyesat/mesias palsu menawarkan solusi yang cepat dan spektakuler untuk mengatasi kesulitan mereka. Pastilah tidak mudah bagi orang-orang yang sedang kesulitan untuk menolak tawaran penyelesaian masalah.

Yesus mengajar kita untuk tidak memercayai para mesias palsu (25-26), karena ternyata orang percaya tidak dipanggil agar pergumulannya langsung selesai ketika mengikut Yesus. Orang percaya dipanggil untuk terus teguh dan setia mengikut Kristus di dalam kondisi sulit sekalipun. Orang-orang setia inilah yang nanti akan secara langsung menyaksikan kedatangan Yesus yang kedua kalinya.

Berhati-hatilah ketika berada di dalam kesulitan, karena kita bisa menjadi sangat rentan terhadap manipulasi tokoh-tokoh agama yang berani mengeklaim dirinya sebagai mesias. Kita boleh saja meminta masalah-masalah hidup kita diselesaikan oleh Tuhan, tetapi tetaplah sadar bahwa yang terutama bagi kita adalah keteguhan iman dan kesetiaan kita dalam mengikut Dia.

Belajarlah untuk percaya kepada janji-Nya bahwa setiap umat-Nya yang setia akan menyaksikan kedatangan-Nya yang tiba-tiba itu. [JHN]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/03/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+24:15-28
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+24:15-28

Matius 24:15-28

15  "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel--para pembaca hendaklah memperhatikannya--
16  maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.
17  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya,
18  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.
19  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
20  Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
21  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
22  Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.
23  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
24  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.
25  Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.
26  Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya.
27  Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.
28  Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar