(e-RH) 19 Maret -- MAZMUR 19 - BUKUNYA DIBACA ULANG

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 19 Maret 2023
Bacaan : MAZMUR 19
Setahun: Yosua 17-19
Nats: Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman. (Mazmur 19:8)

Renungan:

BUKUNYA DIBACA ULANG

Sebagai penulis, saya mempunyai banyak koleksi buku. Salah satunya buku motivasi dan pengembangan diri. Sebagian buku-buku itu sudah saya baca sampai selesai. Tetapi, saya suka membaca ulang buku itu. Buat apa? Untuk mengingatkan saya kembali dan menunjukkan dalam hal-hal apa saya sudah berubah setelah mempraktikkan apa yang saya baca. Mengulang apa yang pernah saya baca, membuat saya disegarkan, dikuatkan, dan dimotivasi kembali.

Buku-buku motivasi dan pengembangan diri yang kita miliki dan kita baca memang berguna. Tapi, Alkitab jauh lebih berguna dan bisa dipraktikkan di segala masa. Mengapa kita harus membiasakan diri membaca Alkitab setiap hari, padahal sebagian kita mungkin hafal ayat atau ceritanya? Karena Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa, peraturan Tuhan itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman (ay. 8). Hukum-hukum Tuhan di Alkitab itu lebih indah daripada banyak emas tua (ay. 11). Alkitab berisi peraturan, titah-titah, dan hukum Tuhan yang sangat berguna bagi kita. Kita bisa ingat firman Tuhan, karena membacanya berulang-ulang. Kita mampu dengan mudah dan sukacita melakukan firman Tuhan, karena sudah berulang-ulang melakukannya.

Ada banyak manfaat positif yang pasti kita dapatkan kalau berulang-ulang membaca dan mempraktikkan firman Tuhan. Tidak ada istilah bosan, mengantuk, atau membuang waktu saat kita mau menyediakan waktu khusus untuk membaca firman Tuhan. Rutin membaca firman Tuhan hendaknya menjadi kebiasaan kita. --RTG/www.renunganharian.net
   
BERULANG-ULANG MEMBACA FIRMAN TUHAN MENYEGARKAN JIWA, MEMBERIKAN HIKMAT, DAN MENYUKAKAN HATI KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/03/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MAZMUR+19

MAZMUR 19

 1  Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. (19-2) Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;
 2  (19-3) hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.
 3  (19-4) Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;
 4  (19-5) tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,
 5  (19-6) yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.
 6  (19-7) Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.
 7  (19-8) Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.
 8  (19-9) Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.
 9  (19-10) Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya,
10  (19-11) lebih indah dari pada emas, bahkan dari pada banyak emas tua; dan lebih manis dari pada madu, bahkan dari pada madu tetesan dari sarang lebah.
11  (19-12) Lagipula hamba-Mu diperingatkan oleh semuanya itu, dan orang yang berpegang padanya mendapat upah yang besar.
12  (19-13) Siapakah yang dapat mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari apa yang tidak kusadari.
13  (19-14) Lindungilah hamba-Mu, juga terhadap orang yang kurang ajar; janganlah mereka menguasai aku! Maka aku menjadi tak bercela dan bebas dari pelanggaran besar.
14  (19-15) Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yosua+17-19
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yosua+17-19

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar