(e-RH) 11 Maret -- MATIUS 19:16-26 - TIRUAN YESUS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 11 Maret 2023
Bacaan : MATIUS 19:16-26
Setahun: Ulangan 29-31
Nats: "Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan .... Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." (Matius 6:24)

Renungan:

TIRUAN YESUS

Seorang wanita melihat tas bermerek yang sangat bagus modelnya. Tetapi setelah mengecek harganya, ia tidak sanggup membelinya. Wanita itu mendapat ide. Dicarinya di toko lain, tiruan dari tas tersebut. Ia menemukannya dengan harga jauh lebih miring. Segera ia membeli tas itu, kemudian dengan bangga memamerkannya kepada teman-temannya. Sayangnya, dua bulan kemudian tas tiruan itu sudah jebol.

Dalam kehidupan ini iblis kerap menyodori kita tiruan Yesus. Bukan berbicara mengenai pribadi menyerupai Yesus, melainkan sesuatu yang tampak setara dengan kuasa-Nya. Tiruan Yesus yang terkenal ialah Mamon. Sambil menyodorkan Mamon, Iblis berbisik, "Tidak apa-apa kau tidak memiliki Yesus asalkan kau memiliki ini!" Pemuda dalam perikop firman Tuhan hari ini memilih tiruan Yesus daripada Pribadi Yesus. Walaupun kaya dan taat beragama, agaknya ia bodoh karena memilih tuan tiruan daripada Tuan yang asli.

Serupa tapi tidak sama, itulah tiruan. Kualitas barang tiruan tidak sebaik barang asli. Demikian tiruan Yesus, sekalipun tampaknya berkuasa, nyatanya kuasa itu jauh lebih rendah dari kuasa-Nya. Bertuan kepada Mamon, kita belum mendapatkan yang terbaik. Mamon memberikan pengobatan, tetapi tidak kesembuhan. Mamon memberikan rekan, tidak sahabat. Mamon memberikan kenyamanan, tetapi tidak damai sejahtera.

Ketika hidup hanya berpusat kepada mengumpulkan harta tanpa mau bermurah hati membagikannya, di situlah Mamon bertakhta! Sungguhkah kita hendak bertuan kepada tuan tiruan? Tidak ingin berlama-lama bertuan kepada tuan yang salah, mari mengubah fokus kehidupan kita dari yang semula memprioritaskan harta, tetapi kini menjadikan Yesus segala-galanya. --LIN/www.renunganharian.net
   
BETAPA BODOH APABILA KITA MEMILIH BERTUAN KEPADA MAMON, PADAHAL KITA SEBENARNYA DAPAT DENGAN MUDAH MEMILIKI YESUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/03/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MATIUS+19:16-26

MATIUS 19:16-26

16  Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
17  Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
18  Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19  hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
20  Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
21  Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
22  Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
23  Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
24  Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
25  Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"
26  Yesus memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi bagi Allah segala sesuatu mungkin."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+29-31
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+29-31

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar