(e-SH) 15 Februari -- 2 Raja-raja 20:1-11 - Tuhan yang Menjawab Doa

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 15 Februari 2023
Ayat SH: 2 Raja-raja 20:1-11

Judul: Tuhan yang Menjawab Doa

Hizkia memang dikisahkan sebagai raja yang setia kepada Tuhan dan yang doanya dijawab. Namun, Tuhan bukanlah mesin penjawab doa.

Awalnya, firman Tuhan kepada Hizkia berkata bahwa Hizkia akan mati dalam sakitnya (1). Dengan sungguh-sungguh Hizkia berdoa (2), maka Allah memperpanjang hidupnya 15 tahun lagi dan berjanji bahwa Ia akan melepaskan Yerusalem dari tangan Asyur (5-6).

Relasi dengan Tuhan adalah relasi dengan Pribadi yang berdaulat dan merespons dengan cara dan waktu-Nya. Yesaya yang belum keluar dari Bait Allah harus balik lagi menyampaikan firman Tuhan yang baru kepada Hizkia (4).

Alkitab juga mengisahkan Hizkia yang meminta tanda dari Tuhan. Dipilihnya tanda yang lebih sulit, yaitu tapak bayangan tiang waktu berjalan mundur (10). Apakah Hizkia skeptis? Atau, malah dia sangat percaya? Yang pasti, Tuhan tidak menolak interaksi dan permintaan semacam itu dari umatnya.

Banyak orang Kristen yang lebih suka berhubungan dengan Tuhan sebagai mesin penjawab doa. Mengikut Tuhan yang seperti itu lebih mudah. Kita tak perlu tahu isi hati Tuhan dan kehendak-Nya. Yang penting doa akan dikabulkan dan Tuhan harus bekerja sesuai kehendak kita. Tak heran Sigmund Freud, Ludwig Feuerbach, dan banyak filsuf lain sering menertawakan orang beragama yang lebih suka menyembah Tuhan imajinasinya sendiri.

Berhubungan dengan Tuhan yang tak dapat diprediksi seperti Allah Hizkia mungkin kurang menyenangkan. Allah yang seperti itu tidak selalu menjawab doa keinginan kita. Standar kebaikan-Nya berbeda dari standar kita. Hikmat-Nya melampaui yang dapat kita pahami. Bagaimana kita sanggup berhubungan dengan Allah seperti itu?

Namun, Hizkia memilih percaya kepada Allah yang demikian. Karena hanya Allah yang berdaulat seperti Dia yang benar-benar Allah. Memang Tuhan tak selalu memenuhi keinginan kita, bahkan banyak hal yang terjadi atas kehendak-Nya tak mampu kita pahami.

Ketika kesulitan hidup mengimpit kita, sanggupkah kita tetap setia dan tetap percaya kepada Allah yang hidup? [IHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/02/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Raja-raja+20:1-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Raja-raja+20:1-11

2 Raja-raja 20:1-11

 1  Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos, dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi."
 2  Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN:
 3  "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.
 4  Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya:
 5  "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN.
 6  Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."
 7  Kemudian berkatalah Yesaya: "Ambillah sebuah kue ara!" Lalu orang mengambilnya dan ditaruh pada barah itu, maka sembuhlah ia.
 8  Sebelum itu Hizkia telah berkata kepada Yesaya: "Apakah yang akan menjadi tanda bahwa TUHAN akan menyembuhkan aku dan bahwa aku akan pergi ke rumah TUHAN pada hari yang ketiga?"
 9  Yesaya menjawab: "Inilah yang akan menjadi tanda bagimu dari TUHAN, bahwa TUHAN akan melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya: Akan majukah bayang-bayang itu sepuluh tapak atau akan mundur sepuluh tapak?"
10  Hizkia berkata: "Itu perkara ringan bagi bayang-bayang itu untuk memanjang sepuluh tapak! Sebaliknya, biarlah bayang-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak."
11  Lalu berserulah nabi Yesaya kepada TUHAN, maka dibuat-Nyalah bayang-bayang itu mundur ke belakang sepuluh tapak, yang sudah dijalani bayang-bayang itu pada penunjuk matahari buatan Ahas.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar