(e-SH) 1 Maret -- Ayub 1:1-5 - Doakanlah Mereka!

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 1 Maret 2023
Ayat SH: Ayub 1:1-5

Judul: Doakanlah Mereka!

Bagi orang tua, memenuhi kebutuhan hidup keluarga adalah sebuah tanggung jawab. Namun, berapa banyak di antara orang tua hari ini yang bersedia mengorbankan waktunya tiap-tiap hari, di tengah kesibukan yang ada, untuk berdoa secara khusus bagi anak-anak yang Tuhan percayakan?

Bagian pertama dari kitab ini menjelaskan tentang siapa Ayub. Ia bukan hanya seorang yang memiliki kekayaan berlimpah, banyak anak, dan keluarga yang baik, namun juga dikenal sebagai seorang yang saleh dan jujur (1). Hal ini lebih jauh dijelaskan dengan perilaku yang nyata, yaitu bagaimana ia memerhatikan kehidupan anak-anaknya, berdoa bagi mereka, dan mempersembahkan kurban untuk memohon pengampunan kepada Allah (5).

Alkitab memang tidak menjelaskan secara pasti pada zaman kapan Ayub hidup, namun kemungkinan besar ia hidup pada zaman patriarkat di mana seorang ayah memiliki peran bukan hanya sebagai kepala keluarga, namun juga sebagai imam bagi keluarganya. Karena itu, tidak mengherankan jika Ayub mempersembahkan kurban ketika berdoa memohon pengampunan kepada Allah.

Kepedulian Ayub terhadap kerohanian anak-anaknya adalah sesuatu yang patut kita jadikan teladan. Banyak orang tua yang memerhatikan kesejahteraan materi anak-anaknya, bahkan mengorbankan waktu dan tenaga secara luar biasa untuk mengumpulkan uang. Tentu, ini merupakan hal yang baik. Namun, sebagai orang tua, kita perlu ingat bahwa yang dibutuhkan anak-anak bukan hanya melulu materi, melainkan juga perhatian dan kehadiran orang tua dalam perkara rohani.

Mari kita dengan tekun dan tidak jemu-jemu berdoa bagi anak-anak kita. Jika kita melihat ada hal yang tidak berkenan kepada Tuhan, mari kita mohon ampun bagi anak-anak kita dan mengajak mereka untuk meminta pengampunan kepada-Nya. Mari kita juga doakan pertumbuhan rohani mereka, agar Tuhan menolong mereka dalam menghadapi dunia yang makin bengkok ini.

Kiranya kehidupan Ayub yang tekun berdoa bagi anak-anaknya juga menjadi gaya hidup bagi kita hari ini. [ABL]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2023/03/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Ayub+1:1-5
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ayub+1:1-5

Ayub 1:1-5

 1  Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.
 2  Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan.
 3  Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.
 4  Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan minum bersama-sama mereka.
 5  Setiap kali, apabila hari-hari pesta telah berlalu, Ayub memanggil mereka, dan menguduskan mereka; keesokan harinya, pagi-pagi, bangunlah Ayub, lalu mempersembahkan korban bakaran sebanyak jumlah mereka sekalian, sebab pikirnya: "Mungkin anak-anakku sudah berbuat dosa dan telah mengutuki Allah di dalam hati." Demikianlah dilakukan Ayub senantiasa.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar