(e-RH) 29 Januari -- EZRA 3:8-13 - MENSYUKURI YANG SEBAGIAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 29 Januari 2023
Bacaan : EZRA 3:8-13
Setahun: Keluaran 35-37
Nats: Dan seluruh umat bersorak-sorai dengan nyaring sambil memuji-muji TUHAN, oleh karena dasar rumah TUHAN telah diletakkan. (Ezra 3:11b)

Renungan:

MENSYUKURI YANG SEBAGIAN

Seorang pria diberhentikan dari pekerjaannya. Lama tidak mendapat pekerjaan baru, semua tabungannya habis, bahkan terjerat hutang. "Puji Tuhan!" serunya ketika diterima bekerja. "Terlalu dini kau bersyukur, " ejek temannya, "Ingat kau belum melunasi hutang!" "Tidak mengapa, " jawab pria itu, "Aku mensyukuri yang sebagian karena aku percaya nanti Tuhan pasti menuntaskan semuanya."

Hari itu, para imam tampil dengan memakai pakaian jabatan dan membawa nafiri. Sedangkan orang-orang Lewi, bani Asaf, tampil membawa ceracap. Secara berbalas-balasan mereka menyanyikan nyanyian pujian dan syukur bagi Tuhan, "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!" (ay. 11). Pula seluruh umat Israel bersorak-sorai dengan suara nyaring sambil memuji-muji Tuhan. Ungkapan syukur mereka naikkan untuk Bait Suci yang mereka dirikan. Lalu apakah pekerjaan pembangunan Bait Suci sudah selesai? Belum! Faktanya, mereka belum mendirikan tembok, belum menaruh atap, belum memasang tirai, belum juga membuat perkakas serta perlengkapannya. Mereka baru meletakkan dasar (fondasi)-nya. Orang Israel sedang mensyukuri yang sebagian dari kebaikan Tuhan. Mereka percaya jika sebagian sudah Tuhan lakukan, nanti Dia pasti menuntaskan semuanya.

Sering kali kita menunggu sampai masalah tuntas, baru berterima kasih pada Tuhan. Kita menilai terlalu dini pujian diungkapkan bila masalah belum sepenuhnya hilang. Padahal sedikit saja kelegaan boleh kita rasakan, itu karena kemurahan Tuhan. Mulai hari ini mari belajar mensyukuri yang sebagian dari kebaikan Tuhan. Kita percaya jika sebagian sudah Tuhan lakukan, nanti Dia pasti menuntaskan semuanya. --LIN/www.renunganharian.net
   
MARI BERSYUKUR UNTUK SETIAP SEBAGIAN DARI KEBAIKAN TUHAN KARENA SEBAGIAN BERARTI TANDA BAHWA NANTI SEMUANYA PASTI TUHAN TUNTASKAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/01/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?EZRA+3:8-13

EZRA 3:8-13

 8  Pada tahun yang kedua sesudah mereka sampai ke rumah Allah di Yerusalem, dalam bulan yang kedua, maka Zerubabel bin Sealtiel dan Yesua bin Yozadak beserta saudara-saudara mereka yang lain, yakni para imam dan orang-orang Lewi, dan semua orang yang pulang ke Yerusalem dari tempat tawanan memulai pekerjaan itu. Mereka menugaskan orang-orang Lewi yang berumur dua puluh tahun ke atas untuk mengawasi pekerjaan membangun rumah TUHAN.
 9  Lalu Yesua serta anak-anak dan saudara-saudaranya dan Kadmiel serta anak-anaknya, orang-orang Yehuda bersama-sama bertindak mengawasi orang-orang yang melakukan pekerjaan membangun rumah Allah. Demikian juga bani Henadad, anak-anak dan saudara-saudara mereka, orang-orang Lewi itu.
10  Pada waktu dasar bait suci TUHAN diletakkan oleh tukang-tukang bangunan, maka tampillah para imam dengan memakai pakaian jabatan dan membawa nafiri, dan orang-orang Lewi, bani Asaf, dengan membawa ceracap, untuk memuji-muji TUHAN, menurut petunjuk Daud, raja Israel.
11  Secara berbalas-balasan mereka menyanyikan bagi TUHAN nyanyian pujian dan syukur: "Sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya kepada Israel!" Dan seluruh umat bersorak-sorai dengan nyaring sambil memuji-muji TUHAN, oleh karena dasar rumah TUHAN telah diletakkan.
12  Tetapi banyak di antara para imam, orang-orang Lewi dan kepala-kepala kaum keluarga, orang tua-tua yang pernah melihat rumah yang dahulu, menangis dengan suara nyaring, ketika perletakan dasar rumah ini dilakukan di depan mata mereka, sedang banyak orang bersorak-sorai dengan suara nyaring karena kegirangan.
13  Orang tidak dapat lagi membedakan mana bunyi sorak-sorai kegirangan dan mana bunyi tangis rakyat, karena rakyat bersorak-sorai dengan suara yang nyaring, sehingga bunyinya kedengaran sampai jauh.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Keluaran+35-37
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+35-37

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar