(e-RH) 16 Januari -- MAZMUR 30 - JURNAL SAAT TEDUH

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 16 Januari 2023
Bacaan : MAZMUR 30
Setahun: Kejadian 46-48
Nats: Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai. (Mazmur 30:6)

Renungan:

JURNAL SAAT TEDUH

Sejak lahir baru, saya mendisiplin diri untuk menulis jurnal saat teduh di sebuah buku khusus. Melalui disiplin tersebut, saya terlatih untuk menggali firman Tuhan, merefleksikannya dalam doa dan mempraktikkannya dalam keseharian. Sejak itu, saya merasa mulai berjalan dibimbing Allah. Saya mencatat tentang pesan, nasihat, janji, dan teguran Tuhan melalui ayat firman Tuhan yang saya renungkan. Teguran memang tidak nyaman, tetapi jika itu Tuhan nyatakan dalam firman-Nya, saya meyakini itu baik. Sungguh, pengalaman menulis jurnal saat teduh membuat saya bertumbuh.

Dari mazmur yang ia tulis, Daud suka menceritakan tentang pribadi Allah, ungkapan hatinya dan harapannya. Daud juga mengalami asam manisnya hidup. Mazmur 30 adalah mazmur ungkapan perayaan rasa syukur Daud akan perbuatan Allah. Daud menyaksikan bahwa Allah meluputkannya dari para musuh, menyembuhkan, dan menempatkannya pada posisi yang membuatnya bersukacita. Apa pun yang terjadi dalam hidupnya dituliskannya, saat ia meratap dan merasa tertekan maupun saat ia bersyukur.

Kita pun mengalami masa suka dan duka. Ada masa kita terluka dengan sesama kita dan ada masa kita berkemenangan meraih segala pencapaian gemilang bersama Tuhan. Inti dari semuanya, Tuhan baik dan Dia ada dalam segala peristiwa yang terjadi. Dia ada saat susah, dan Dia ada saat kita sedang bersukacita. Mari saudara, teruslah bersemangat menjalani hidup. Ingat, ada Tuhan yang setia mendampingi kita kapan saja, di mana saja dan dalam keadaan apa pun. Tuliskanlah apa yang terjadi dalam hidup ini, percayalah, jika dibaca lagi tulisan kita dapat memberkati kita dan orang lain untuk senantiasa ingat pada Tuhan. --YDS/www.renunganharian.net
   
PENGALAMAN BERSAMA TUHAN ITU MENYENANGKAN, ADA SUKA DAN DUKA. APA PUN YANG TERJADI, TUHAN TETAP BAIK.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2023/01/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MAZMUR+30

MAZMUR 30

 1  Mazmur. Nyanyian untuk pentahbisan Bait Suci. Dari Daud. (30-2) Aku akan memuji Engkau, ya TUHAN, sebab Engkau telah menarik aku ke atas, dan tidak memberi musuh-musuhku bersukacita atas aku.
 2  (30-3) TUHAN, Allahku, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan Engkau telah menyembuhkan aku.
 3  (30-4) TUHAN, Engkau mengangkat aku dari dunia orang mati, Engkau menghidupkan aku di antara mereka yang turun ke liang kubur.
 4  (30-5) Nyanyikanlah mazmur bagi TUHAN, hai orang-orang yang dikasihi-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus!
 5  (30-6) Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai.
 6  (30-7) Dalam kesenanganku aku berkata: "Aku takkan goyah untuk selama-lamanya!"
 7  (30-8) TUHAN, oleh karena Engkau berkenan, Engkau telah menempatkan aku di atas gunung yang kokoh; ketika Engkau menyembunyikan wajah-Mu, aku terkejut.
 8  (30-9) Kepada-Mu, ya TUHAN, aku berseru, dan kepada Tuhanku aku memohon:
 9  (30-10) "Apakah untungnya kalau darahku tertumpah, kalau aku turun ke dalam lobang kubur? Dapatkah debu bersyukur kepada-Mu dan memberitakan kesetiaan-Mu?
10  (30-11) Dengarlah, TUHAN, dan kasihanilah aku, TUHAN, jadilah penolongku!"
11  (30-12) Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,
12  (30-13) supaya jiwaku menyanyikan mazmur bagi-Mu dan jangan berdiam diri. TUHAN, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kejadian+46-48
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+46-48

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2023 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar