(e-RH) 9 November -- 1 SAMUEL 18:1-9 - MERASA TERANCAM

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 9 November 2022
Bacaan : 1 SAMUEL 18:1-9
Setahun: Kisah Para Rasul 1-3
Nats: Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul. (1 Samuel 18:5)

Renungan:

MERASA TERANCAM

Jika bawahan Anda bekerja dengan sangat baik, apa reaksi Anda? Setiap pekerjaan yang Anda tugaskan kepadanya ia kerjakan dengan baik. Ia pun menjadi kesukaan rekan kerja lainnya. Seharusnya Anda berbahagia memiliki bawahan sedemikian. Namun, jika Anda adalah seorang yang berpikiran negatif, Anda akan mulai cemas. Posisi Anda sedang terancam. Bawahan yang terampil dan berkinerja unggul itu bisa menggeser jabatan Anda. Maka Anda mulai berupaya menyingkirkannya.

Itulah yang dialami Raja Saul terhadap Daud. Sejak pemuda itu mengalahkan Goliat, karier militernya melejit pesat. Ia selalu memenangkan pertempuran melawan musuh. Saul pun mengangkatnya menjadi kepala prajurit. Seluruh rakyat mengagumi Daud, termasuk para pegawai istana. Ia bahkan menjadi lebih populer serta dielu-elukan melebihi Saul sendiri.

Sebagai seorang yang diurapi Tuhan, Saul seharusnya bersyukur memiliki kepala prajurit yang selalu dapat diandalkan serta bersungguh-sungguh mendukungnya. Namun, ia terlalu berfokus pada takhtanya, sehingga tujuan hidupnya hanyalah untuk memastikan agar takhta itu tidak beralih darinya. Maka ia pun melakukan segala cara, sekalipun melanggar perintah Tuhan. Sejak saat itu, ia menempuh jalan yang justru membuatnya kehilangan takhta secara tragis.

Saul merasa tidak aman dengan dirinya sendiri. Ia pun melihat keberadaan orang lain sebagai ancaman. Kesuksesan orang lain membuatnya dengki. Semua ini berasal dari hatinya yang tidak benar-benar percaya kepada Tuhan. Akibatnya, ia sepenuhnya bersandar pada diri sendiri lalu berakhir dalam kegagalan. Mari, berkacalah darinya! --HT/www.renunganharian.net
   
KETIKA KITA TIDAK LAGI BERGANTUNG KEPADA TUHAN, MAKA KITA TELAH BERTINDAK SEBAGAI "TUHAN" BAGI DIRI SENDIRI SERTA ORANG LAIN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/11/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?1+SAMUEL+18:1-9

1 SAMUEL 18:1-9

 1  Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri.
 2  Pada hari itu Saul membawa dia dan tidak membiarkannya pulang ke rumah ayahnya.
 3  Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri.
 4  Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya.
 5  Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul.
 6  Tetapi pada waktu mereka pulang, ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, keluarlah orang-orang perempuan dari segala kota Israel menyongsong raja Saul sambil menyanyi dan menari-nari dengan memukul rebana, dengan bersukaria dan dengan membunyikan gerincing;
 7  dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: "Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa."
 8  Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya."
 9  Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+1-3
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar