(e-RH) 7 November -- KEJADIAN 3:1-6 - MENGENDALIKAN KEINGINAN

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 7 November 2022
Bacaan : KEJADIAN 3:1-6
Setahun: Yohanes 17-18
Nats: Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya. (Kejadian 3:6)

Renungan:

MENGENDALIKAN KEINGINAN

Mula-mula, Hawa dan Adam ingin selalu menaati Tuhan. Tetapi, mendengar perkataan ular, keinginan mereka berubah: mereka ingin menjadi seperti Allah, tahu yang baik dan yang jahat, lalu mereka pun memakan buah terlarang.

Apa yang kita lihat? Keinginan menentukan tindakan. Sepanjang kita sadar dan bebas, kita akan hanya melakukan hal-hal yang kita pilih untuk kita lakukan, dan itu pasti hal yang paling kita ingini.

Mungkin kita berkata, "Lihat! Hawa dan Adam ingin menaati titah Tuhan (ay. 2), namun mereka melanggarnya (ay. 6). Jadi, betulkah mereka melakukan yang mereka ingini?" O, mari kita cermati. Semula, mereka memang ingin menaati Tuhan. Tetapi kemudian, keinginan mereka berubah. Pada akhirnya, yang paling mereka ingini adalah menjadi sama dengan Tuhan, dan itu menentukan tindakan yang mereka ambil.

Ternyata memang benar: keinginan menentukan tindakan. Kita semua digerakkan dan diarahkan oleh apa yang paling kita ingini. Keinginan kita menentukan keputusan, tindakan, dan arah hidup kita. Dapatkah Anda bayangkan betapa runyam hidup ini jika perbendaharaan keinginan kita berisi keinginan-keinginan yang tidak bertanggung jawab?

Maka, mengendalikan keinginan adalah langkah yang sangat mendesak dalam hidup. Kita harus menjauhkan keinginan kita dari hal-hal yang salah, dan mengarahkan keinginan kita pada hal-hal yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Dari mana kita harus mulai? Kita harus memulainya dengan mengingini untuk mengendalikan keinginan. --EE/www.renunganharian.net
   
TANPA MENGENDALIKAN DIRI SENDIRI, TAK SEORANG PUN SUNGGUH-SUNGGUH BEBAS.-EPICTETUS

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/11/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KEJADIAN+3:1-6

KEJADIAN 3:1-6

 1  Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh TUHAN Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: "Tentulah Allah berfirman: Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?"
 2  Lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan,
 3  tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati."
 4  Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati,
 5  tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."
 6  Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+17-18
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+17-18

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar