(e-SH) 16 Oktober -- Wahyu 19:11-16 - Langit Terbuka?

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 16 Oktober 2022
Ayat SH: Wahyu 19:11-16

Judul: Langit Terbuka?

Perikop Wahyu 19:11-16 menyatakan surga yang terbuka, dan kehadiran Tuhan digambarkan dalam wujud Penunggang kuda putih untuk menghadirkan damai dengan cara menaklukkan kejahatan secara tuntas. Terbukanya surga menegaskan perkenanan Allah atas karya yang dilakukan Kristus (lih. Mat. 3:16, 16:19; Why. 15:5).

Kedatangan Tuhan Yesus digambarkan sebagai sosok panglima perang yang kembali dari medan pertempuran dengan segala kegemilangan dan semarak seorang pahlawan. Kristus digambarkan menunggang kuda putih lambang kejayaan dan mengenakan mahkota sebagai simbol kemuliaan (11-12). Dia datang dalam arak-arakan yang menghadirkan para tentara, perwira, dan punggawa, wali negeri, tawanan, dan jarahan perang-Nya (14). Seluruh rakyat bersukacita menyambut kedatangan-Nya, karena Sang Pahlawan menggenapi janji-Nya menaklukkan binatang buas dan para kroninya (19).

Menariknya, Sang Panglima Agung mengenakan jubah seorang imam, bukan jubah seorang raja (8; bdk. gambaran kemuliaan Anak Manusia yang mengenakan jubah putih terbuat dari kain lenan, Dan. 10:5-9).

Sebagai Imam Besar Agung, Kristus memercikkan darah-Nya ke atas jubah-Nya sendiri (13). Dia menggunakan darah-Nya yang kudus untuk melawan dan menaklukkan musuh-musuh-Nya (15). Sebagai gereja kepunyaan Kristus, kita dipanggil untuk mengikuti teladan-Nya.

Karya keselamatan yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus merupakan sebuah rangkaian perbuatan dan tindakan Allah yang secara nyata meraih dan menyelamatkan umat-Nya. Melalui karya keselamatan itu, persekutuan dengan Allah menjadi sebuah pengharapan yang pasti, bukan impian kosong. Kepastian iman Kristen adalah karena jaminan dari Allah sendiri. Ketaatan dan ketundukan kita terhadap firman Tuhan menegaskan bahwa firman Tuhan memiliki kuasa yang dapat mengubah kehidupan dan keimanan kita. Sungguh baik untuk terus berpegang pada kebenaran yang diberikan Kristus di dalam kehidupan kita! [IBS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/10/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Wahyu+19:11-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Wahyu+19:11-16

Wahyu 19:11-16

11  Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: "Yang Setia dan Yang Benar", Ia menghakimi dan berperang dengan adil.
12  Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun, kecuali Ia sendiri.
13  Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: "Firman Allah."
14  Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
15  Dan dari mulut-Nya keluarlah sebilah pedang tajam yang akan memukul segala bangsa. Dan Ia akan menggembalakan mereka dengan gada besi dan Ia akan memeras anggur dalam kilangan anggur, yaitu kegeraman murka Allah, Yang Mahakuasa.
16  Dan pada jubah-Nya dan paha-Nya tertulis suatu nama, yaitu: "Raja segala raja dan Tuan di atas segala tuan."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar