(e-RH) 13 Oktober -- MARKUS 12:41-44 - SEBUAH PERSEMBAHAN KECIL

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 13 Oktober 2022
Bacaan : MARKUS 12:41-44
Setahun: Markus 1-3
Nats: "Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya semua yang dimilikinya, yaitu seluruh nafkahnya." (Markus 12:44)

Renungan:

SEBUAH PERSEMBAHAN KECIL

Suatu kali, saya disarankan oleh konselor untuk menulis ketika saya terlalu cemas menghadapi kejadian yang terjadi di luar ekspektasi. Justru dari ketidakberdayaan saya melakukan banyak hal saat itu, saya rajin menulis sebagai bagian dari terapi pemulihan diri. Puji Tuhan, kini saya sadar, menulis rupanya tidak membuat saya pulih dari kecemasan saja, tetapi juga dapat saya pakai untuk melayani sesama, meski kadang menulis dianggap hanya sebuah persembahan kecil untuk Tuhan.

Dua uang tembaga yang dimasukkan ke dalam peti persembahan oleh janda miskin juga dinilai kecil (ay. 42), tidak sebanding dengan apa yang diberikan oleh orang-orang kaya (ay. 41). Menariknya, Tuhan Yesus memiliki standar yang berbeda dari anggapan kebanyakan orang. Saat Ia duduk dan memperhatikan beberapa orang memberikan persembahan, Ia sama sekali tidak peduli dengan jumlah atau nominal persembahannya, tetapi Ia memanggil murid-murid-Nya dan mengatakan bahwa persembahan yang nilainya banyak itu ialah persembahan janda miskin (ay. 43). Ia memberi persembahan dari keseluruhan nafkahnya, dari apa yang ia punya saat itu (ay. 44). Tanpa khawatir akan apa yang akan ia makan dan minum setelah memberi keseluruhan hartanya, janda miskin ini terlihat sangat mengasihi Allah.

Saat merenungkan teks ini, saya diteguhkan lagi supaya tidak patah semangat saat orang lain menganggap apa yang saya lakukan merupakan hal yang kecil dan tidak berarti. Begitu pula setiap kita, jika kita mengelola talenta, waktu dan harta kita sepenuh hati untuk Tuhan dan atas dasar mengasihi-Nya, percayalah bahwa itu berkenan di hati-Nya. Tak perlu cemas dengan anggapan orang lain karena memang standar persembahan yang Tuhan terapkan itu berbeda. --YDS/www.renunganharian.net
   
PERSEMBAHAN KECIL TETAP BERKENAN DI HATI ALLAH, ASAL ITU DIBERIKAN DENGAN MOTIVASI SUNGGUH-SUNGGUH MENGASIHI-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/10/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MARKUS+12:41-44

MARKUS 12:41-44

41  Pada suatu kali Yesus duduk menghadapi peti persembahan dan memperhatikan bagaimana orang banyak memasukkan uang ke dalam peti itu. Banyak orang kaya memberi jumlah yang besar.
42  Lalu datanglah seorang janda yang miskin dan ia memasukkan dua peser, yaitu satu duit.
43  Maka dipanggil-Nya murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan.
44  Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Markus+1-3
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+1-3

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar