(e-SH) 20 Juli -- Roma 15:14-21 - Hak yang Sama

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 20 Juli 2022
Ayat SH: Roma 15:14-21

Judul: Hak yang Sama

Paulus adalah salah seorang rasul Allah yang giat memberitakan Injil. Fokus pelayanannya adalah untuk memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi. Berkat perjalanan misi Paulus, banyak orang di berbagai tempat yang belum pernah terjangkau Injil menjadi mengenal Injil dan percaya kepada Kristus.

Paulus ingin memberitakan bahwa keselamatan yang diberikan oleh Yesus adalah milik semua orang, bukan hanya milik orang Yahudi. Ia juga ingin menekankan bahwa keselamatan didapat hanya melalui iman kepada Yesus Kristus, dan bukan karena orang tersebut adalah bangsa Yahudi yang taat melakukan Hukum Taurat (lih. Gal. 3:11).

Paulus menceritakan bagaimana Yesus bekerja dalam kehidupannya. Ia bercerita tentang kuasa, tanda-tanda, dan mukjizat-mukjizat yang boleh ia alami karena kuasa Roh (18-19). Oleh karena itulah, ia mau bermegah di dalam Kristus, ia sungguh-sungguh dalam melayani jemaat Tuhan. Paulus tidak merasa hebat karena telah menyelamatkan bangsa-bangsa dengan pemberitaan Injil, tetapi ia berserah dalam penyertaan dan tuntunan Tuhan di setiap apa pun yang ia lakukan.

Meskipun Paulus melayani di tempat lain, ia tetap tidak melupakan jemaat di Roma. Paulus memuji jemaat di Roma yang penuh dengan kebaikan (14), setelah sebelumnya ia menegur dengan keras. Paulus tahu kalau jemaat di Roma telah bertumbuh di dalam Tuhan. Ia pun kembali mengingatkan agar mereka tetap hidup saling mengasihi dan tetap giat dalam pemberitaan Injil Kristus.

Semua orang punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan anugerah keselamatan dari Allah, sama berharga di mata Allah. Allah tidak memandang ras maupun suku bangsa sebagai suatu perbedaan dan hal itu bukan menjadi dasar bagi-Nya untuk memilih umat tebusan-Nya.

Karena itu, marilah kita mengucap syukur atas kasih-Nya yang sangat besar sehingga Ia memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk mengenal Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Mari kita serukan berita tentang Kristus agar banyak orang diselamatkan. [SLM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/07/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Roma+15:14-21
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+15:14-21

Roma 15:14-21

14  Saudara-saudaraku, aku sendiri memang yakin tentang kamu, bahwa kamu juga telah penuh dengan kebaikan dan dengan segala pengetahuan dan sanggup untuk saling menasihati.
15  Namun, karena kasih karunia yang telah dianugerahkan Allah kepadaku, aku di sana sini dengan agak berani telah menulis kepadamu untuk mengingatkan kamu,
16  yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.
17  Jadi dalam Kristus aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah.
18  Sebab aku tidak akan berani berkata-kata tentang sesuatu yang lain, kecuali tentang apa yang telah dikerjakan Kristus olehku, yaitu untuk memimpin bangsa-bangsa lain kepada ketaatan, oleh perkataan dan perbuatan,
19  oleh kuasa tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh kuasa Roh. Demikianlah dalam perjalanan keliling dari Yerusalem sampai ke Ilirikum aku telah memberitakan sepenuhnya Injil Kristus.
20  Dan dalam pemberitaan itu aku menganggap sebagai kehormatanku, bahwa aku tidak melakukannya di tempat-tempat, di mana nama Kristus telah dikenal orang, supaya aku jangan membangun di atas dasar, yang telah diletakkan orang lain,
21  tetapi sesuai dengan yang ada tertulis: "Mereka, yang belum pernah menerima berita tentang Dia, akan melihat Dia, dan mereka, yang tidak pernah mendengarnya, akan mengertinya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar