(e-RH) 21 Juni -- MARKUS 9:14-29 - OTORITAS YANG TERBATAS

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 21 Juni 2022
Bacaan : MARKUS 9:14-29
Setahun: Ayub 25-29
Nats: Jawab Yesus, "Katamu: Jika Engkau dapat? Segala sesuatu mungkin bagi orang yang percaya!" (Markus 9:23)

Renungan:

OTORITAS YANG TERBATAS

Apakah daya selembar kertas? Bukankah ia terlalu lemah? Kertas mudah sekali sobek. Namun tidak lagi ketika selembar kertas berbentuk lingkaran dipasang sebagai mata pisau pada mesin pemotong! Kertas mampu memotong kertas karton, gagang gunting yang berbahan plastik bahkan juga kayu.

Ketika ada seorang anak yang mengalami kerasukan setan, ia dibawa oleh orang tuanya kepada murid-murid Yesus. Harapannya, murid-murid Yesus dapat menyembuhkannya. Sayang, harapan itu tidak terwujud. Mengapa? Bukankah para murid telah menerima kuasa untuk mengusir setan? Pada waktu sebelumnya mereka pun pernah melakukannya dan berhasil. Rupanya kali ini ada yang kurang dalam diri para murid, yakni karena mereka bersandar hanya pada kekuatan sendiri. Mereka kurang iman. Beruntung Yesus segera datang dan menyatakan kuasa-Nya, sehingga anak itu beroleh selamat.

Siapakah manusia tanpa sentuhan kasih Tuhan? Bukankah hanya debu tanah yang tidak berdaya? Namun orang percaya diberi-Nya kesempatan untuk memiliki kuasa guna bersaksi bagi-Nya. Walaupun begitu, otoritas ini sifatnya tidak menetap. Kuasa ini hanya dapat menjadi efektif ketika iman dipelihara secara terus-menerus melalui disiplin rohani. Bergantung total kepada Allah, yang dinyatakan melalui ketekunan dalam doa. Bukan untuk dijadikan mantra, melainkan karena doa membawa seseorang semakin dekat dengan Allah. Doa menjadi salah satu cara kita merawat hubungan dengan Tuhan. Tanpa semua ini, mana mungkin kita mengatasi kemustahilan? --EBL/www.renunganharian.net
   
DI LUAR TUHAN KITA TAK BERDAYA. BERSAMA DIA TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI ORANG PERCAYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/06/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MARKUS+9:14-29

MARKUS 9:14-29

14  Ketika Yesus, Petrus, Yakobus dan Yohanes kembali pada murid-murid lain, mereka melihat orang banyak mengerumuni murid-murid itu, dan beberapa ahli Taurat sedang mempersoalkan sesuatu dengan mereka.
15  Pada waktu orang banyak itu melihat Yesus, tercenganglah mereka semua dan bergegas menyambut Dia.
16  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Apa yang kamu persoalkan dengan mereka?"
17  Kata seorang dari orang banyak itu: "Guru, anakku ini kubawa kepada-Mu, karena ia kerasukan roh yang membisukan dia.
18  Dan setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah; lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan dan tubuhnya menjadi kejang. Aku sudah meminta kepada murid-murid-Mu, supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat."
19  Maka kata Yesus kepada mereka: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!"
20  Lalu mereka membawanya kepada-Nya. Waktu roh itu melihat Yesus, anak itu segera digoncang-goncangnya, dan anak itu terpelanting ke tanah dan terguling-guling, sedang mulutnya berbusa.
21  Lalu Yesus bertanya kepada ayah anak itu: "Sudah berapa lama ia mengalami ini?" Jawabnya: "Sejak masa kecilnya.
22  Dan seringkali roh itu menyeretnya ke dalam api ataupun ke dalam air untuk membinasakannya. Sebab itu jika Engkau dapat berbuat sesuatu, tolonglah kami dan kasihanilah kami."
23  Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!"
24  Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!"
25  Ketika Yesus melihat orang banyak makin datang berkerumun, Ia menegor roh jahat itu dengan keras, kata-Nya: "Hai kau roh yang menyebabkan orang menjadi bisu dan tuli, Aku memerintahkan engkau, keluarlah dari pada anak ini dan jangan memasukinya lagi!"
26  Lalu keluarlah roh itu sambil berteriak dan menggoncang-goncang anak itu dengan hebatnya. Anak itu kelihatannya seperti orang mati, sehingga banyak orang yang berkata: "Ia sudah mati."
27  Tetapi Yesus memegang tangan anak itu dan membangunkannya, lalu ia bangkit sendiri.
28  Ketika Yesus sudah di rumah, dan murid-murid-Nya sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?"
29  Jawab-Nya kepada mereka: "Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Ayub+25-29
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ayub+25-29

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar