(e-SH) 21 Mei -- Yeremia 38:14-28 - Belajar Rela untuk Dihukum

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 21 Mei 2022
Ayat SH: Yeremia 38:14-28

Judul: Belajar Rela untuk Dihukum

Memang sangat sulit untuk menerima kenyataan ketika Tuhan sudah memutuskan untuk menghukum kita. Namun, ketika sudah jelas Tuhan menyatakan demikian, kita harus rela untuk menerima hukuman tersebut.

Raja Zedekia menyuruh orang untuk membawa Nabi Yeremia karena ia ingin mendengarkan apa yang Tuhan akan sampaikan. Seperti sebelumnya, Nabi Yeremia menegaskan bahwa raja harus menyerahkan diri kepada Babel.

Apabila raja bersedia menyerahkan diri, maka nyawanya akan terpelihara, kota Yerusalem tidak akan dihanguskan dengan api, dan keluarga raja akan hidup (17). Tetapi, apabila raja tidak mau menyerahkan diri, maka kota ini akan diserahkan ke dalam tangan Babel yang akan menghanguskannya, dan Zedekia sendiri tidak akan luput dari tangan Babel (18).

Kitab Raja-raja menunjukan bahwa Zedekia tidak menyerahkan diri. Yerusalem dikepung oleh Babel sekitar dua tahun, dan akhirnya tidak dapat bertahan. Raja Babel kemudian menghukum Zedekia dengan sangat berat. Anak-anaknya dibunuh di depan matanya, kemudian matanya dibutakan, dan ia dibuang ke Babel (2Raj. 25:6-7). Rumah Tuhan, rumah raja, dan semua rumah di Yerusalem dibakar dengan api (2Raj. 25:8-9). Inilah harga yang harus dibayar Raja Zedekia dan penduduk Yerusalem karena tidak mau menerima hukuman Tuhan dengan rela.

Allah kita adalah Allah yang adil, yang "tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman" (Kel. 34:7). Jika Tuhan sudah memutuskan untuk menghukum kita karena dosa kita, maka hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan rela menerima hukuman tersebut, seberat apa pun hukuman itu.

Ketika kita masih tidak rela dan tidak mau menuruti peringatan Tuhan, jangan kaget ketika hukuman yang akan menimpa kita menjadi makin berat. Memang hukuman Tuhan kadang merupakan hukuman yang sangat berat. Tetapi, hukuman-Nya akan menjadi lebih berat lagi jika kita tidak rela untuk dihukum.

Mari belajarlah untuk rela dihukum ketika kita sudah bersalah. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/05/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+38:14-28
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+38:14-28

Yeremia 38:14-28

14  Raja Zedekia menyuruh orang membawa nabi Yeremia kepadanya di pintu yang ketiga pada rumah TUHAN. Berkatalah raja kepada Yeremia: "Aku mau menanyakan sesuatu kepadamu; janganlah sembunyikan apa-apa kepadaku!"
15  Jawab Yeremia kepada Zedekia: "Apabila aku memberitahukannya kepadamu, tentulah engkau akan membunuh aku, bukan? Dan apabila aku memberi nasihat kepadamu, engkau tidak juga akan mendengarkan aku!"
16  Lalu bersumpahlah raja Zedekia dengan diam-diam kepada Yeremia, katanya: "Demi TUHAN yang hidup yang telah memberi nyawa ini kepada kita, aku tidak akan membunuh engkau dan tidak akan menyerahkan engkau ke dalam tangan orang-orang yang berusaha mencabut nyawamu itu!"
17  Sesudah itu berkatalah Yeremia kepada Zedekia: "Beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam, Allah Israel: Jika engkau keluar menyerahkan diri kepada para perwira raja Babel, maka nyawamu akan terpelihara, dan kota ini tidak akan dihanguskan dengan api; engkau dengan keluargamu akan hidup.
18  Tetapi jika engkau tidak menyerahkan diri kepada para perwira raja Babel, maka kota ini akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim yang akan menghanguskannya dengan api; dan engkau sendiri tidak akan luput dari tangan mereka."
19  Kemudian berkatalah raja Zedekia kepada Yeremia: "Aku takut kepada orang-orang Yehuda yang menyeberang kepada orang Kasdim itu; nanti aku diserahkan ke dalam tangan mereka, sehingga mereka mempermainkan aku."
20  Yeremia menjawab: "Hal itu tidak akan terjadi! Dengarkanlah suara TUHAN dalam hal apa yang kukatakan kepadamu, maka keadaanmu akan baik dan nyawamu akan terpelihara.
21  Tetapi jika engkau enggan menyerahkan diri, maka inilah firman yang dinyatakan TUHAN kepadaku:
22  Sungguh, semua perempuan yang masih tinggal di istana raja Yehuda digiring ke luar ke hadapan para perwira raja Babel sambil berseru: Engkau diperdayakan, dikalahkan oleh sahabat-sahabatmu. Tetapi baru saja kakimu terperosok ke dalam lumpur, mereka sudah berpaling pulang.
23  Semua isterimu dan anak-anakmu akan digiring ke luar ke hadapan orang-orang Kasdim itu. Dan engkau sendiri tidak akan terluput dari tangan mereka, tetapi engkau akan tertangkap oleh raja Babel. Dan kota ini akan dihanguskan dengan api."
24  Lalu berkatalah Zedekia kepada Yeremia: "Janganlah ada orang yang mengetahui tentang pembicaraan ini, supaya engkau jangan mati.
25  Apabila para pemuka mendengar, bahwa aku telah berbicara dengan engkau, lalu mereka datang meminta kepadamu: Beritahukanlah kepada kami apa yang telah kaukatakan kepada raja dan apa yang telah dikatakan raja kepadamu; janganlah sembunyikan kepada kami, supaya engkau jangan kami bunuh!,
26  maka haruslah kaukatakan kepada mereka: Aku menyampaikan permohonanku ke hadapan raja, supaya aku jangan dikembalikannya ke rumah Yonatan untuk mati di sana."
27  Memang semua pemuka itu datang bertanya kepada Yeremia, tetapi ia memberi jawab kepada mereka tepat seperti segala yang diperintahkan raja. Maka mereka membiarkan dia, sebab sesuatupun dari pembicaraan itu tidak ada yang diketahui siapapun.
28  Demikianlah Yeremia tinggal di pelataran penjagaan itu sampai kepada hari Yerusalem direbut.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar