(e-SH) 14 Mei -- Yeremia 33:14-26 - Raja dan Imam

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 14 Mei 2022
Ayat SH: Yeremia 33:14-26

Judul: Raja dan Imam

Dalam PL, raja dan imam besar menjadi tokoh perwakilan antara umat Israel dan Tuhan. Raja menjadi representasi Allah untuk memerintah umat-Nya, dan imam besar menjadi pengantara umat kepada Tuhan.

Perikop ini menyatakan bahwa Allah berjanji untuk menegakkan kerajaan Daud. Keturunan Daud akan memerintah selamanya (17). Allah akan membangkitkan Tunas keadilan (14-16). Nubuat ini merupakan nubuat mesianik. Keturunan Daud yang memerintah selamanya digenapi di dalam Yesus Kristus. Yesus merupakan keturunan Daud dan Ia menjadi Raja selamanya. Ialah yang menegakkan keadilan dengan menanggung murka Allah atas manusia berdosa.

Allah juga berjanji akan menegakkan keluarga imam dan kaum Lewi yang akan mempersembahkan kurban kepada Tuhan selamanya (21-22). Yesus sendiri menjadi Imam Besar yang mempersembahkan diri-Nya di kayu salib. Kurban diri Yesus sempurna untuk kurban keselamatan bagi seluruh manusia. Pengorbanan Yesus menjadi persembahan yang berkenan kepada Allah.

Yesus menjadi Raja dan Imam Besar bagi setiap orang percaya. Yesus sebagai Raja meminta respons ketundukan dari kita, Yesus sebagai Imam Besar memberi keberanian bagi kita untuk datang kepada-Nya. Jadi, di satu sisi kita memiliki rasa takut dan hormat kepada Yesus yang adalah Raja atas seluruh hidup kita. Tetapi, di sisi lain kita beroleh kepercayaan karena kita dijamin oleh Yesus sebagai Imam Besar kita.

Maka, kita harus berupaya untuk menjaga hidup yang menunjukkan hormat kepada Yesus. Di mana pun dan dalam kondisi apa pun, kita menjadikan Yesus Raja yang memerintah kita. Dalam pekerjaan, studi, relasi, pelayanan, dan aktivitas sehari-hari, kita menunjukkan, kita sedang diperintah Yesus, Sang Raja kita.

Ketika kita gagal, kita ingat bahwa kita memiliki Yesus sebagai Imam Besar kita. Ialah yang menyempurnakan segala kurban persembahan kita dan menjamin pengampunan atas dosa-dosa kita. Kita dapat datang kepada Allah di mana pun kita berada karena kita memiliki Yesus, Sang Imam besar kita. [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/05/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+33:14-26
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+33:14-26

Yeremia 33:14-26

14  "Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menepati janji yang telah Kukatakan kepada kaum Israel dan kaum Yehuda.
15  Pada waktu itu dan pada masa itu Aku akan menumbuhkan Tunas keadilan bagi Daud. Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri.
16  Pada waktu itu Yehuda akan dibebaskan, dan Yerusalem akan hidup dengan tenteram. Dan dengan nama inilah mereka akan dipanggil: TUHAN keadilan kita!
17  Sebab beginilah firman TUHAN: Keturunan Daud tidak akan terputus duduk di atas takhta kerajaan kaum Israel!
18  Dan keturunan imam-imam orang Lewi tidak akan terputus mempersembahkan korban bakaran di hadapan-Ku dan membakar korban sajian dan mengorbankan korban sembelihan sepanjang masa."
19  Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
20  "Beginilah firman TUHAN: Jika kamu dapat mengingkari perjanjian-Ku dengan siang dan perjanjian-Ku dengan malam, sehingga siang dan malam tidak datang lagi pada waktunya,
21  maka juga perjanjian-Ku dengan hamba-Ku Daud dapat diingkari, sehingga ia tidak mempunyai anak lagi yang memerintah di atas takhtanya; begitu juga perjanjian-Ku dengan orang-orang Lewi, yakni imam-imam yang menjadi pelayan-Ku.
22  Seperti tentara langit tidak terbilang dan seperti pasir laut tidak tertakar, demikianlah Aku akan membuat banyak keturunan hamba-Ku Daud dan orang-orang Lewi yang melayani Aku."
23  Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
24  "Tidakkah kauperhatikan apa yang dikatakan orang-orang ini: Kedua kaum keluarga yang dipilih TUHAN itu telah ditolak-Nya? Dengan demikian mereka menghina umat-Ku, dianggapnya bukan suatu bangsa lagi.
25  Beginilah firman TUHAN: Jika Aku tidak menetapkan perjanjian-Ku dengan siang dan malam dan aturan langit dan bumi,
26  maka juga Aku pasti akan menolak keturunan Yakub dan hamba-Ku Daud, sehingga berhenti mengangkat dari keturunannya orang-orang yang memerintah atas keturunan Abraham, Ishak dan Yakub. Sebab Aku akan memulihkan keadaan mereka dan menyayangi mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar