(e-SH) 12 Mei -- Yeremia 32:26-44 - Hukuman dan Anugerah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 12 Mei 2022
Ayat SH: Yeremia 32:26-44

Judul: Hukuman dan Anugerah

Belakangan ini ada banyak lagu rohani Kristen yang sangat indah dan menyentuh hati, yang menggambarkan kasih Allah kepada manusia. Namun, mengenal Allah yang penuh kasih tidak lantas menghilangkan aspek kesucian Allah yang murka atas dosa.

Allah menyatakan penghukuman-Nya atas Israel yang telah berbalik tidak setia dari-Nya (26-35). Bangsa Israel sebagai umat Tuhan disebut telah melakukan kejahatan sejak masa mudanya (30). Kejahatan mereka menyeluruh, mulai dari pemerintah, pemuka agama, hingga seluruh rakyat (32).

Namun demikian, Allah akan menunjukkan kasih-Nya dengan memulihkan kembali keadaan Israel. Allah akan kembali mengumpulkan bangsa Israel, juga kembali memulihkan relasi antara Allah dan umat-Nya. Allah menyatakan bahwa Ia akan bergirang untuk melakukan perbuatan baik kepada bangsa Israel (38-41). Allah sendiri menyatakan bahwa sebagaimana Ia akan mendatangkan malapetaka, demikian juga Ia akan mendatangkan keberuntungan.

Atribut Allah yang adil dan penuh kasih tidak saling meniadakan. Jadi, kasih Allah tidak berarti meniadakan penghukuman Allah atas dosa umat-Nya. Allah tetap akan menegakkan keadilan-Nya. Allah akan menyatakan penghukuman-Nya untuk menunjukkan keseriusan-Nya terhadap dosa. Mengenal Allah yang penuh kasih tidak menghilangkan kesucian-Nya yang tak dapat menerima dosa.

Kita harus melihat Allah secara seimbang. Ada banyak lagu rohani yang menunjukkan betapa Allah mengasihi, mengerti, dan memedulikan manusia. Lagu-lagu itu sangat menyentuh dan membuat kita terhanyut. Tetapi, kita kerap lupa bahwa Allah kita yang demikian juga adalah Allah yang murka atas dosa. Kita pun harus menyanyikan lagu-lagu pengakuan dan penyesalan atas dosa.

Apakah dalam doa-doa, atau dalam ibadah pribadi maupun komunal bersama saudara-saudara kita, kita masih menyampaikan pengakuan dosa? Pengakuan dosa menjadi bagian tak terpisahkan dari ibadah umat untuk merespons kesucian-Nya. [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/05/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+32:26-44
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+32:26-44

Yeremia 32:26-44

26  Firman TUHAN datang kepada Yeremia, bunyinya:
27  "Sesungguhnya, Akulah TUHAN, Allah segala makhluk; adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk-Ku?
28  Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku berikan kota ini ke dalam tangan orang-orang Kasdim dan ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel, dan ia akan merebutnya.
29  Orang-orang Kasdim yang memerangi kota ini akan datang membakarnya dan menghanguskannya serta dengan rumah-rumah yang di atas sotohnya orang membakar korban kepada Baal dan mempersembahkan korban curahan kepada allah lain untuk menimbulkan sakit hati-Ku.
30  Sebab orang Israel dan orang Yehuda hanyalah melakukan yang jahat di mata-Ku sejak masa mudanya; sungguh, orang Israel hanya menimbulkan sakit hati-Ku dengan perbuatan tangan mereka, demikianlah firman TUHAN.
31  Ya, kota ini telah membangkitkan murka dan kehangatan amarah-Ku mulai dari hari didirikannya sampai hari ini, sehingga Aku harus menyingkirkannya dari hadapan-Ku,
32  karena segala kejahatan yang dilakukan oleh orang Israel dan orang Yehuda untuk menimbulkan sakit hati-Ku, oleh mereka sendiri, raja-raja mereka, pemuka-pemuka mereka, imam-imam mereka, nabi-nabi mereka, orang Yehuda dan penduduk Yerusalem.
33  Mereka membelakangi Aku dan tidak menghadap kepada-Ku, dan sekalipun Aku mengajar mereka, terus-menerus, tiada mereka mau mendengarkan atau menerima penghajaran.
34  Mereka menempatkan dewa-dewa mereka yang menjijikkan di rumah yang di atasnya nama-Ku diserukan, untuk menajiskannya.
35  Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan untuk Baal di Lembah Ben-Hinom, untuk mempersembahkan anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka kepada Molokh sebagai korban dalam api, sekalipun Aku tidak pernah memerintahkannya kepada mereka dan sekalipun hal itu tidak pernah timbul dalam hati-Ku, yakni hal melakukan kejijikan ini, sehingga Yehuda tergelincir ke dalam dosa.
36  Oleh sebab itu, beginilah firman TUHAN, Allah Israel, mengenai kota ini, yang engkau katakan telah diserahkan ke dalam tangan raja Babel karena pedang, kelaparan dan penyakit sampar:
37  Sesungguhnya, Aku mengumpulkan mereka dari segala negeri, ke mana Aku menceraiberaikan mereka karena murka-Ku, kehangatan amarah-Ku dan gusar-Ku yang besar, dan Aku akan mengembalikan mereka ke tempat ini dan akan membuat mereka diam dengan tenteram.
38  Maka mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka.
39  Aku akan memberi mereka satu hati dan satu tingkah langkah, sehingga mereka takut kepada-Ku sepanjang masa untuk kebaikan mereka dan anak-anak mereka yang datang kemudian.
40  Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, bahwa Aku tidak akan membelakangi mereka, melainkan akan berbuat baik kepada mereka; Aku akan menaruh takut kepada-Ku ke dalam hati mereka, supaya mereka jangan menjauh dari pada-Ku.
41  Aku akan bergirang karena mereka untuk berbuat baik kepada mereka dan Aku akan membuat mereka tumbuh di negeri ini dengan kesetiaan, dengan segenap hati-Ku dan dengan segenap jiwa-Ku.
42  Sebab beginilah firman TUHAN: Seperti Aku mendatangkan kepada bangsa ini segenap malapetaka yang hebat ini, demikianlah Aku mendatangkan ke atas mereka keberuntungan yang Kujanjikan kepada mereka.
43  Orang akan membeli ladang lagi di negeri ini yang kamu katakan: Itu adalah tempat tandus tanpa manusia dan hewan; itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim!
44  Orang akan membeli ladang-ladang dengan perak, menulis surat pembelian, memeteraikannya dan memanggil saksi-saksi di daerah Benyamin, di sekitar Yerusalem, di kota-kota Yehuda, di kota-kota Pegunungan, di kota-kota Daerah Bukit dan di kota-kota Tanah Negeb. Sebab Aku akan memulihkan keadaan mereka, demikianlah firman TUHAN."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar