(e-RH) 29 Mei -- ROMA 12:1-8 - KARYA TERAKHIR OMA

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 29 Mei 2022
Bacaan : ROMA 12:1-8
Setahun: 2 Tawarikh 28-30
Nats: Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut anugerah yang diberikan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita. (Roma 12:6)

Renungan:

KARYA TERAKHIR OMA

Saya diberkati dengan semangat dan kerinduan besar dari seorang lanjut usia, yang bertekad akan menerbitkan buku pada usianya yang sudah 80-an tahun. Akhirnya, buku yang pernah disebutnya sebagai "karya terakhir Oma" ini pun berhasil diterbitkan menjelang usianya yang ke-83. Membaca isi bukunya, sekalipun terlihat sederhana tetapi kaya makna, menghibur dan menguatkan, bahkan inspiratif. Persis seperti cara hidup yang dijalani oleh lansia tersebut, yang terlihat masih menikmati kehidupannya dengan berusaha menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

Menjalani kehidupan yang bermanfaat tidak harus menunggu tua, apalagi menanti saat-saat terakhir kehidupan kita-bukankah tak seorang pun dapat mengetahui kapan hidupnya berakhir? Berdasarkan firman Tuhan hari ini, kita hanya perlu menemukan karunia yang Tuhan berikan untuk kita maksimalkan, sehingga kehidupan kita bisa menjadi berkat, berdampak positif, dan memuliakan Tuhan. Entahkah kita menerima karunia bernubuat, melayani, mengajar, memimpin, dan lain sebagainya (ay. 6-8), jadilah rajin dan tekun mengembangkannya.

Terkait karunia titipan Tuhan atas kita, hendaknya jangan sampai kita bertindak seperti hamba penerima satu talenta, yang malah mengubur pemberian berharga dari tuannya, yang seharusnya dikembangkannya (Mat. 25:18). Bagaimanapun, kelak Tuhan akan meminta pertanggungjawaban akan setiap pemberian-Nya dalam kehidupan umat-Nya, entah pemberian itu diabaikan atau dikembangkan dengan maksimal. Bagaimana dengan karunia yang ada pada Anda? --GHJ/www.renunganharian.net
   
JADILAH PRIBADI YANG BERMANFAAT BAGI SESAMA, SUPAYA KITA DAPAT MEMULIAKAN TUHAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/05/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?ROMA+12:1-8

ROMA 12:1-8

 1  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.
 2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
 3  Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.
 4  Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama,
 5  demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.
 6  Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.
 7  Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jika karunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;
 8  jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?2+Tawarikh+28-30
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tawarikh+28-30

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar