(e-SH) 24 Maret -- Mazmur 18:44-51 - Jangan seperti Kacang Lupa Kulitnya

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 24 Maret 2022
Ayat SH: Mazmur 18:44-51

Judul: Jangan seperti Kacang Lupa Kulitnya

Pemazmur memperlihatkan kepada kita hasil yang indah dari berharap kepada Tuhan dalam setiap kesulitan. Ia bukan hanya terluput dari kecelakaan dan kematian, tetapi keberhasilan demi keberhasilan pun Ia peroleh. Ketika melihat semua itu, pemazmur memuji-muji Tuhan. Pemazmur memuji Tuhan karena pertolongan yang ia terima dan keberhasilan yang ia dapatkan.

Peribahasa "Bagai kacang lupa kulitnya" berarti orang yang menjadi lupa diri ketika ia sudah berhasil. Hal ini tidak jarang kita temui di tengah-tengah kehidupan kita. Namun, Daud bukanlah pribadi yang seperti itu. Mengapa? Karena ia ingat siapa dirinya di hadapan Allah. Ia tahu betul bahwa tanpa anugerah pertolongan Tuhan, ia akan mati dan tidak menjadi apa-apa lagi. Tuhan yang mengingat dia, Tuhan yang melihat dia, Tuhan yang menyelamatkan dia, dan Tuhan pula yang membuatnya berhasil (44, 48-49).

Dalam kehidupan kita sehari-hari, entah dalam pekerjaan atau pelayanan, terkadang kita gagal dan menjadi sedih. Namun, tidak jarang kita juga bisa berhasil, dikenal orang, dan mendapatkan banyak hal yang baik karena keberhasilan itu. Lalu, bagaimana sikap kita ketika keberhasilan itu datang? Apakah kita menjadi sombong lalu mengatakan bahwa saya berhasil karena saya mampu? Apakah kita akan mengatakan bahwa tanpa saya, segala sesuatu tidak mungkin berjalan dengan sukses? Atau sebaliknya, kita berkata, "Terima kasih, Tuhan. Terpujilah Tuhan, sebab hanya karena Tuhan saya bisa jadi seperti saat ini"?

Melalui firman Tuhan hari ini, mari kita kembali menilik hati kita dan mengevaluasi hidup kita: "Sudahkah saya berterima kasih kepada Tuhan karena keberhasilan yang saya terima dan memuliakan Tuhan lewat keberhasilan saya, ataukah saya menjadi tinggi hati dan melupakan Tuhan?"

Jika selama ini kita lupa akan pertolongan dan kebaikan Tuhan, mohon ampunlah di hadapan-Nya. Mari kita bertekad untuk senantiasa mengingat dan bersyukur atas semua keberhasilan kita dan semua yang telah kita dapatkan. Sebab, semuanya itu adalah karena kemurahan Tuhan atas hidup kita. [ABL]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/03/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mazmur+18:43-50
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+18:43-50

Mazmur 18:43-50

43  (18-44) Engkau meluputkan aku dari perbantahan rakyat; Engkau mengangkat aku menjadi kepala atas bangsa-bangsa; bangsa yang tidak kukenal menjadi hambaku;
44  (18-45) baru saja telinga mereka mendengar, mereka taat kepadaku; orang-orang asing tunduk menjilat aku.
45  (18-46) Orang-orang asing pucat layu dan keluar dari kota kubunya dengan gemetar.
46  (18-47) TUHAN hidup! Terpujilah gunung batuku, dan mulialah Allah Penyelamatku,
47  (18-48) Allah, yang telah mengadakan pembalasan bagiku, yang telah menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasaku,
48  (18-49) yang telah meluputkan aku dari pada musuhku. Bahkan, Engkau telah meninggikan aku mengatasi mereka yang bangkit melawan aku; Engkau telah melepaskan aku dari orang yang melakukan kelaliman.
49  (18-50) Sebab itu aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu di antara bangsa-bangsa, ya TUHAN, dan aku mau menyanyikan mazmur bagi nama-Mu.
50  (18-51) Ia mengaruniakan keselamatan yang besar kepada raja yang diangkat-Nya, dan menunjukkan kasih setia kepada orang yang diurapi-Nya, yaitu Daud dan kepada anak cucunya untuk selamanya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar