(e-SH) 2 Maret -- Yeremia 23:21-40 - Hukuman Berat bagi Pewarta Palsu

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 2 Maret 2022
Ayat SH: Yeremia 23:21-40

Judul: Hukuman Berat bagi Pewarta Palsu

Dari zaman Alkitab sampai sekarang banyak orang berani menyampaikan berita palsu yang bertentangan dengan kehendak Allah. Hal ini karena daya tarik dari berita palsu yang menyenangkan umat bisa berdampak baik pada kemakmuran pewarta berita itu.

Para nabi palsu, yang mewartakan firman yang bertentangan dengan kehendak Allah, mengira bahwa Allah tidak tahu apa yang mereka lakukan karena Allah hanyalah Allah yang dekat, bukan Allah yang jauh (23), dan bahwa mereka dapat menyembunyikan perbuatan mereka dari mata Allah (24). Padahal, Allah yang memenuhi langit dan bumi (24) sangat mengetahui apa yang mereka lakukan, dan karena itu, Ia sangat murka.

Bagi Allah, nabi-nabi palsu tersebut telah merancang supaya umat melupakan nama Allah dan menggantinya dengan Baal (26-27). Karena itu, Allah sendiri akan menjadi lawan bagi mereka. Pernyataan ini Allah ulangi sampai dua kali (30-31).

Allah yang adil adalah Allah yang akan memberikan hukuman yang lebih berat kepada mereka yang membawa firman karena mereka memengaruhi banyak orang. Yakobus mengatakan bahwa sebagai guru, kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat (Yak. 3:1). Menjadi guru dan pembawa firman adalah tugas yang mulia dan penuh kehormatan, tetapi juga merupakan tugas dengan tanggung jawab yang besar.

Jangan mengira karena manusia tidak tahu dan bisa ditipu dengan firman palsu yang diwartakan, itu berarti Allah juga tidak tahu dan tidak peduli. Allah sangat peduli jika kita menyesatkan umat-Nya, bahkan umat-Nya yang paling kecil (bdk. Mat. 5:19).

Karena itu, jika kepada kita diberikan kehormatan untuk mengajar umat Allah, baik sebagai guru sekolah minggu, pembina remaja dan pemuda, maupun sebagai hamba Tuhan, kita harus sangat berhati-hati dengan apa yang kita ajarkan. Jika pengajaran kita tidak membawa umat untuk mengenal Allah seperti yang diwahyukan di dalam Alkitab, maka kita sudah menjadi pewarta firman palsu, dan hukuman Allah yang akan kita terima akan sangat berat bagi kita. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/03/02/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+23:21-40
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+23:21-40

Yeremia 23:21-40

21  "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat.
22  Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat.
23  Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga?
24  Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN.
25  Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi!
26  Sampai bilamana hal itu ada dalam hati para nabi yang bernubuat palsu dan yang menubuatkan tipu rekaan hatinya sendiri,
27  yang merancang membuat umat-Ku melupakan nama-Ku dengan mimpi-mimpinya yang mereka ceritakan seorang kepada seorang, sama seperti nenek moyang mereka melupakan nama-Ku oleh karena Baal?
28  Nabi yang beroleh mimpi, biarlah menceritakan mimpinya itu, dan nabi yang beroleh firman-Ku, biarlah menceritakan firman-Ku itu dengan benar! Apakah sangkut-paut jerami dengan gandum? demikianlah firman TUHAN.
29  Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu?
30  Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya.
31  Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang memakai lidahnya sewenang-wenang untuk mengutarakan firman ilahi.
32  Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan mereka yang menubuatkan mimpi-mimpi dusta, demikianlah firman TUHAN, dan yang menceritakannya serta menyesatkan umat-Ku dengan dustanya dan dengan bualnya. Aku ini tidak pernah mengutus mereka dan tidak pernah memerintahkan mereka. Mereka sama sekali tiada berguna untuk bangsa ini, demikianlah firman TUHAN.
33  Apabila bangsa ini--baik nabi ataupun imam--bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
34  Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan.
35  Beginilah harus kamu katakan, masing-masing kepada temannya dan masing-masing kepada saudaranya: Apakah jawab TUHAN? atau: Apakah firman TUHAN?
36  Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita.
37  Beginilah engkau harus berkata kepada nabi: Apakah jawab TUHAN kepadamu? atau: Apakah firman TUHAN?
38  Tetapi jika kamu masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, maka beginilah firman TUHAN: Oleh karena kamu masih memakai ungkapan Sabda yang dibebankan oleh TUHAN itu, sekalipun Aku mengutus orang kepadamu mengatakan: Janganlah kamu berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN,
39  maka sesungguhnya, Aku akan menangkap kamu dan membuang kamu dari hadapan-Ku, kamu serta kota yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu itu.
40  Aku akan menimpakan kepadamu aib yang kekal dan noda yang kekal yang tidak akan terlupakan."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar