(e-RH) 6 Maret -- MARKUS 7:24-30 - MELAMPAUI SEKAT

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 6 Maret 2022
Bacaan : MARKUS 7:24-30
Setahun: Ulangan 14-16
Nats: Lalu kata Yesus kepada perempuan itu, "Karena kata-katamu itu, pergilah, setan itu sudah keluar dari anakmu." (Markus 7:29)

Renungan:

MELAMPAUI SEKAT

Bangsa Siro-Fenisia dalam pandangan Yahudi adalah kafir, rendah dan najis. Zaman Yesus adalah lazim mendengar sebutan "anjing" terhadap orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Mereka dianggap haram layaknya anjing yang haram bagi orang Yahudi. Itulah yang menyebabkan perempuan itu harus merangkak saat datang menemui Yesus. Sikap seperti itu lazim dilakukan terhadap para guru laki-laki Yahudi. Apalagi ia adalah seorang perempuan. Perempuan tak pantas menemui seorang rabi atau guru laki-laki Yahudi.

Namun Yesus menerima perempuan itu, walau diawali dengan ujian. Sikap Yesus yang melampaui tradisi itu menunjukkan bahwa menolong manusia itu lebih utama dari apa pun. Lebih utama dari tradisi, status sosial dan aturan apa pun yang dibuat oleh manusia. Bahkan Yesus rela terusik kenyamanan pribadinya yang ingin bersembunyi dari kerumunan orang banyak demi menolong perempuan "kafir" itu. Yesus menerobos sekat duniawi demi menyembuhkan anak dari ibu yang teguh imannya itu.

Teladan dan sikap Yesus ini seharusnya menjadi sikap dan tindakan gereja dan orang-orang percaya saat ini. Menolong mereka yang membutuhkan tanpa sekat apa pun. Melampaui budaya, suku, agama, ras, jenis kelamin, dan lain-lain. Sebab seperti itulah sikap Allah Bapa di surga. Ia mengasihi semua umat manusia di dunia ini tanpa syarat. Karena kasih-Nya Ia rela memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk mati menebus dosa seluruh umat manusia. Mari kita mengasihi semua orang yang dikasihi Allah tanpa membeda-bedakan. --PRB/www.renunganharian.net
   
JIKA ALLAH BEGITU PEDULI DENGAN KEMANUSIAAN, AKANKAH KITA YANG MENGAKU MEMERCAYAI-NYA MELAKUKAN HAL SEBALIKNYA?

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/03/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MARKUS+7:24-30

MARKUS 7:24-30

24  Lalu Yesus berangkat dari situ dan pergi ke daerah Tirus. Ia masuk ke sebuah rumah dan tidak mau bahwa ada orang yang mengetahuinya, tetapi kedatangan-Nya tidak dapat dirahasiakan.
25  Malah seorang ibu, yang anaknya perempuan kerasukan roh jahat, segera mendengar tentang Dia, lalu datang dan tersungkur di depan kaki-Nya.
26  Perempuan itu seorang Yunani bangsa Siro-Fenisia. Ia memohon kepada Yesus untuk mengusir setan itu dari anaknya.
27  Lalu Yesus berkata kepadanya: "Biarlah anak-anak kenyang dahulu, sebab tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
28  Tetapi perempuan itu menjawab: "Benar, Tuhan. Tetapi anjing yang di bawah meja juga makan remah-remah yang dijatuhkan anak-anak."
29  Maka kata Yesus kepada perempuan itu: "Karena kata-katamu itu, pergilah sekarang sebab setan itu sudah keluar dari anakmu."
30  Perempuan itu pulang ke rumahnya, lalu didapatinya anak itu berbaring di tempat tidur, sedang setan itu sudah keluar.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Ulangan+14-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+14-16

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar