(e-RH) 18 Maret -- 3 YOHANES 1:9-11 - DIOTREFES

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 18 Maret 2022
Bacaan : 3 YOHANES 1:9-11
Setahun: Yosua 14-16
Nats: ... tetapi Diotrefes yang ingin menjadi orang terkemuka di antara mereka, tidak mau mengakui kami. (3 Yohanes 1:9)

Renungan:

DIOTREFES

Diotrefes adalah seorang pemimpin atau seorang yang berpengaruh di sebuah jemaat lokal abad pertama. Namanya berarti "dipelihara oleh Jupiter" menunjukkan bahwa ia mungkin seorang non-Yahudi. Sayangnya, semua catatan tentangnya bukanlah hal yang baik. Ia ingin menjadi nomor satu dalam jemaat. Ia tidak mau mengakui para rasul Kristus. Ia melontarkan fitnah dan berkata-kata kasar tentang mereka. Ia juga menolak kehadiran orang-orang Kristen lain yang mengunjungi jemaat itu, serta mengucilkan orang-orang yang tak sepaham dengannya. Atas tindakannya ini, Rasul Yohanes datang serta meminta pertanggungjawabannya.

Suka menonjolkan diri di dalam sebuah perkumpulan tentunya akan menimbulkan persoalan. Ingin paling dihargai dan dihormati. Ingin menjadi nomor satu, bahkan berupaya menyingkirkan orang lain. Ia memandang orang lain sebagai saingan dan ancaman. Fokusnya adalah diri sendiri. Bukan kebaikan bersama. Bukan pula untuk memelihara kesatuan. Dan pastinya, bukan untuk melakukan kebenaran seperti yang Allah inginkan. Sedihnya, gereja sepanjang zaman tidak steril dari kehadiran orang-orang yang seperti itu. Mereka menjadikan gereja menjadi ajang meninggikan diri. Menganggap dirinya sebagai raja yang harus dipatuhi.

Rasul Yohanes menyebutkan bahwa perilaku itu adalah jahat, tak pantas ditiru, serta tidak berasal dari Allah. Sebaliknya, kita hendaknya berlomba merendahkan hati serta berbuat baik, sebagai buah pengenalan kita akan Allah. Kita jangan lagi hanya memikirkan diri sendiri, tetapi kepentingan bersama. Itulah yang diteladankan Kristus bagi kita. --HT/www.renunganharian.net
   
KITA HENDAKNYA SELALU INGAT, BAHWA MENYANGKAL DIRI ADALAH SYARAT WAJIB KETIKA KITA SUNGGUH-SUNGGUH MENGIKUT KRISTUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2022/03/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?3+YOHANES+1:9-11

3 YOHANES 1:9-11

 9  Aku telah menulis sedikit kepada jemaat, tetapi Diotrefes yang ingin menjadi orang terkemuka di antara mereka, tidak mau mengakui kami.
10  Karena itu, apabila aku datang, aku akan meminta perhatian atas segala perbuatan yang telah dilakukannya, sebab ia meleter melontarkan kata-kata yang kasar terhadap kami; dan belum merasa puas dengan itu, ia sendiri bukan saja tidak mau menerima saudara-saudara yang datang, tetapi juga mencegah orang-orang, yang mau menerima mereka dan mengucilkan orang-orang itu dari jemaat.
11  Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yosua+14-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yosua+14-16

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2022 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar