(e-SH) 1 Maret -- Yeremia 23:9-20 - Shalom yang Semu

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 1 Maret 2022
Ayat SH: Yeremia 23:9-20

Judul: Shalom yang Semu

Kata shalom (damai/ selamat) adalah kata yang disukai dan digunakan kebanyakan orang Kristen. Tidak mengherankan bahwa kebanyakan umat lebih senang mendengar khotbah tentang shalom daripada khotbah yang berupa teguran.

Dalam nas hari ini, Tuhan menyatakan murka-Nya kepada umat yang berzina, berlaku tidak jujur, dan mendukung perbuatan jahat. Tuhan bahkan mengatakan, umat-Nya sudah seperti Sodom dan Gomora (9-14). Walau Tuhan sudah begitu murka, banyak nabi palsu yang mengkhotbahkan shalom dan memberikan harapan palsu (16-17). Oleh karena kebanyakan umat lebih senang mendengarkan khotbah shalom itu daripada khotbah Yeremia yang menegur mereka, umat pun tidak bertobat.

Tuhan kita memang adalah Allah yang senang memberi berkat yang melimpah untuk kita nikmati. Buktinya, ketika manusia masih berada di Taman Eden, Allah menumbuhkan berbagai pohon yang menarik dan baik untuk dimakan buahnya (Kej. 2:9). Allah bukan hanya memberikan apa yang kita butuhkan, tetapi juga memberikan banyak hal untuk kenikmatan kita. Allah ingin kita dapat hidup dengan selamat dan bahagia, menikmati berkat-berkat yang Ia limpahkan.

Namun, Allah yang kudus tidak mungkin terus memberkati dan memberi shalom jika umat terus berkancah dalam dosa. Ketika Allah sedang murka dan akan menghukum umat-Nya jika mereka tidak bertobat, maka khotbah tentang shalom adalah shalom yang semu, menyesatkan, dan berbahaya bagi umat. Tanpa khotbah yang menyatakan kesalahan dan menegur, umat tidak akan menyadari dosanya dan tidak akan bertobat dari kesalahan mereka.

Janganlah kita hanya mau mendengar khotbah shalom dan iming-iming berkat. Hati-hatilah dengan shalom yang semu. Ketika kita mendengar khotbah tentang penghakiman Tuhan, janganlah langsung menolaknya. Gumulkan dan doakan itu. Siapa tahu memang Tuhan sedang menegur kita. Hanya dengan mendengarkan firman yang menegur, maka hati kita didorong untuk bertobat. [INT]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2022/03/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yeremia+23:9-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+23:9-20

Yeremia 23:9-20

 9  Mengenai nabi-nabi. Hatiku hancur dalam dadaku, segala tulangku goyah. Keadaanku seperti orang mabuk, seperti laki-laki yang terlalu banyak minum anggur, oleh karena TUHAN dan oleh karena firman-Nya yang kudus.
10  Negeri telah penuh dengan orang-orang berzinah; sungguh, oleh karena kutuk ini gersanglah negeri dan layulah padang-padang rumput di gurun; apa yang dikejar mereka adalah kejahatan, dan kekuatan mereka adalah ketidakadilan.
11  "Sungguh, baik nabi maupun imam berlaku fasik; di rumah-Kupun juga Aku mendapati kejahatan mereka, demikianlah firman TUHAN.
12  Sebab itu jalan mereka akan seperti jalan-jalan yang licin bagi mereka; di dalam gelap mereka akan terserandung dan akan jatuh di sana; sebab Aku akan mendatangkan malapetaka atas mereka dalam tahun waktu mereka dihukum, demikianlah firman TUHAN.
13  Di kalangan para nabi Samaria Aku melihat ada yang kurang pantas: mereka bernubuat demi Baal dan menyesatkan umat-Ku Israel.
14  Tetapi di kalangan para nabi Yerusalem Aku melihat ada yang mengerikan: mereka berzinah dan berkelakuan tidak jujur; mereka menguatkan hati orang-orang yang berbuat jahat, sehingga tidak ada seorangpun yang bertobat dari kejahatannya; semuanya mereka telah menjadi seperti Sodom bagi-Ku dan penduduknya seperti Gomora."
15  Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam mengenai para nabi itu: "Sesungguhnya, Aku akan memberi mereka makan ipuh dan minum racun, sebab dari para nabi Yerusalem telah meluas kefasikan ke seluruh negeri."
16  Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN;
17  mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu!"
18  Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN, sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya?
19  Lihatlah, angin badai TUHAN, yakni kehangatan murka, telah keluar menyambar, --angin puting beliung--dan turun menimpa kepala orang-orang fasik.
20  Murka TUHAN tidak akan surut, sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan benar-benar mengerti hal itu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar