(e-SH) 20 Desember -- Yehezkiel 11:1-13 - Akibat Kejahatan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 20 Desember 2021
Ayat SH: Yehezkiel 11:1-13

Judul: Akibat Kejahatan

Ada peribahasa yang mengatakan: "Tak ada asap jika tak ada api". Artinya, tidak ada akibat tanpa sebab. Penghukuman yang terjadi atas umat Israel bukan tanpa sebab.

Roh Allah mengangkat Yehezkiel ke gerbang timur Bait Allah (1). Yehezkiel melihat di dalamnya ada 25 orang, di antaranya ada pemimpin Israel, yaitu Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya. Allah mengatakan bahwa mereka semuanya adalah orang-orang yang merencanakan kejahatan di Yerusalem (2-3). Mereka memengaruhi warga Yerusalem untuk mengabaikan bahaya musuh dan membangun rumah-rumah baru karena yakin bahwa mereka akan tetap aman di balik tembok kota.

Hati mereka tidak lagi setia kepada Allah, sehingga mereka mendapat kebalikan dari yang mereka harapkan. Tembok kota tidak berguna sama sekali. Mereka tidak akan terlindung, tetapi akan dibawa keluar dan mati terbunuh oleh pasukan Babel (7-10). Mereka telah memulai kejahatan dengan membunuh penduduk Yerusalem. Kini mereka menjadi korban kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Babel.

Allah melakukan penghukuman sebagai peringatan bahwa akibat dari hidup tidak setia kepada-Nya adalah datangnya kematian sebagai hukuman dari Tuhan (10-12). Inilah yang membuat Yehezkiel memohon pengampunan bagi umat Israel.

Berhati-hatilah dalam menjalani hidup. Ingat bahwa ada akibat dari setiap hal yang kita lakukan. Kita harus menghindari penyebab dosa dengan menjaga hidup sesuai dengan kehendak Allah. Umat Israel pernah mengalaminya. Pada awalnya mereka hidup aman dalam perlindungan Allah. Karena menyembah berhala, mereka menjalani hidup dengan cara-cara yang jauh dari kehendak Allah. Akibatnya, umat Israel hidup terbuang dari negerinya, menjadi tawanan bangsa Babel. Hidup mereka serba tidak bebas dan terancam.

Kehidupan kita perlu kita perhatikan dengan saksama. Janganlah kita menggunakan kelemahan manusia sebagai alasan untuk lepas tangan. Sekalipun ada pelanggaran yang mendatangkan kesusahan, kita tetap dapat memohon anugerah pengampunan-Nya. Allah tidak pernah mengabaikan umat-Nya yang mau bertobat. [JMS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/12/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+11:1-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+11:1-13

Yehezkiel 11:1-13

 1  Lalu Roh itu mengangkat aku dan membawa aku ke pintu gerbang Timur dari rumah TUHAN, pintu yang menghadap ke sebelah timur. Lihat, di dalam pintu gerbang itu ada dua puluh lima orang dan di antara mereka kulihat Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya, yaitu pemimpin-pemimpin bangsa.
 2  Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, inilah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota ini,
 3  yang mengatakan: Bukankah belum lama berselang rumah-rumah kita dibangun kembali? Kota inilah periuk dan kita dagingnya.
 4  Oleh sebab itu bernubuatlah melawan mereka, bernubuatlah, hai anak manusia!"
 5  Maka Roh TUHAN meliputi aku dan TUHAN berfirman kepadaku: "Katakanlah: Beginilah firman TUHAN: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
 6  Orang-orang yang kamu bunuh di kota ini bertambah banyak dan kamu penuhi jalan-jalannya dengan mereka.
 7  Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Orang-orang yang kamu bunuh di kota ini, merekalah dagingnya dan kota inilah periuk, tetapi kamu akan Kugiring keluar dari dalamnya.
 8  Kamu takut kepada pedang, tetapi Aku akan mendatangkan pedang atasmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
 9  Aku akan menggiring kamu keluar dari dalamnya dan menyerahkan kamu di tangan orang-orang asing dan menjatuhkan hukuman-hukuman kepadamu.
10  Kamu akan berebahan karena pedang dan di tanah Israel Aku akan menghukum kamu; dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.
11  Kota ini tidak akan menjadi periuk bagimu ataupun kamu seakan-akan daging di dalamnya; di tanah Israel Aku akan menghukum kamu.
12  Dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, karena kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku tidak kamu lakukan; bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu."
13  Maka sedang aku bernubuat, matilah Pelaca bin Benaya. Lalu aku sujud dan berseru dengan suara nyaring, kataku: "Aduh, Tuhan ALLAH, apakah Engkau menghabiskan sisa Israel?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar