(e-SH) 8 November -- 2 Petrus 3:1-16 - Injury Time

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 8 November 2021
Ayat SH: 2 Petrus 3:1-16

Judul: Injury Time

Dalam pertandingan sepak bola, dikenal adanya istilah injury time atau waktu tambahan. Setelah waktu resmi 45 menit untuk satu babak selesai, waktu tambahan ini diberikan karena ada beberapa menit yang terbuang untuk merawat pemain yang cedera atau wasit melayani protes pemain. Sekalipun waktu tambahan ini jarang lebih dari 5 menit, para pemain tidak boleh lengah, karena beberapa menit itu bisa menjadi kesempatan untuk mencetak gol dan mengubah kedudukan.

Orang-orang Kristen abad pertama mulai diserang oleh para pengejek yang mengatakan bahwa pengharapan mereka akan kedatangan Tuhan adalah omong kosong (3-4). Mereka dicecar dengan ejekan bahwa Yesus tidak benar-benar akan datang kembali, dan Ia sudah lalai dengan janji-Nya. Buktinya, tahun-tahun telah berlalu dan Yesus belum juga datang kembali.

Namun, melalui surat Petrus, nasihat diberikan kepada jemaat bahwa lamanya waktu kedatangan Tuhan bukan karena kelalaian, atau karena Tuhan berbohong. Lamanya waktu itu karena Tuhan memberi kesempatan kepada manusia untuk bertobat (9). Tuhan masih bersabar untuk menantikan orang-orang yang bersedia bertobat dan kembali kepada-Nya. Tuhan ingin sebanyak mungkin orang menerima keselamatan.

Jika demikian, layak bagi kita berbahagia dalam menjalani tahun-tahun hidup kita sekarang. Selama dunia ini masih ada dan napas hidup masih berembus dalam tubuh, kita masih diberi kesempatan untuk bertobat. Kita seperti berada dalam injury time, waktu tambahan untuk memperbaiki kedudukan kita. Di zaman akhir ini, kita harus tetap hidup suci dan saleh. Dengan pengharapan yang tetap kuat, kita terus menantikan hari Tuhan dengan sabar. Pada hari itulah, Tuhan akan menghakimi seluruh dunia dan hanya orang-orang benar yang selamat.

Oleh karena itu, jangan sampai waktu ini kita sia-siakan. Jangan lengah dan malah berbuat dosa. Jangan lengah karena kita tidak pernah tahu kapan kesudahannya. Jangan lengah, supaya hingga akhir usia, kita tetap bertahan dengan setia dan memegang pengharapan yang sejati. Dengan demikian tidak sia-sia waktu yang diberikan oleh Tuhan bagi kita dan dunia. [KRS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/11/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Petrus+3:1-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Petrus+3:1-16

2 Petrus 3:1-16

 1  Saudara-saudara yang kekasih, ini sudah surat yang kedua, yang kutulis kepadamu. Di dalam kedua surat itu aku berusaha menghidupkan pengertian yang murni oleh peringatan-peringatan,
 2  supaya kamu mengingat akan perkataan yang dahulu telah diucapkan oleh nabi-nabi kudus dan mengingat akan perintah Tuhan dan Juruselamat yang telah disampaikan oleh rasul-rasulmu kepadamu.
 3  Yang terutama harus kamu ketahui ialah, bahwa pada hari-hari zaman akhir akan tampil pengejek-pengejek dengan ejekan-ejekannya, yaitu orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsunya.
 4  Kata mereka: "Di manakah janji tentang kedatangan-Nya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan."
 5  Mereka sengaja tidak mau tahu, bahwa oleh firman Allah langit telah ada sejak dahulu, dan juga bumi yang berasal dari air dan oleh air,
 6  dan bahwa oleh air itu, bumi yang dahulu telah binasa, dimusnahkan oleh air bah.
 7  Tetapi oleh firman itu juga langit dan bumi yang sekarang terpelihara dari api dan disimpan untuk hari penghakiman dan kebinasaan orang-orang fasik.
 8  Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.
 9  Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
10  Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.
11  Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup
12  yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
13  Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
14  Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.
15  Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.
16  Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar