(e-SH) 6 November -- 2 Petrus 1:16-21 - Cintailah Injil Elok

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 6 November 2021
Ayat SH: 2 Petrus 1:16-21

Judul: Cintailah Injil Elok

Kini, hoaks (berita bohong) dikenal di mana-mana. Hoaks menolak kenyataan dan tidak dapat dipercaya, berbeda dari fakta (kebenaran) yang pasti memiliki saksi mata dan bukti.

Perkataan bahwa Yesus tidak akan datang kedua kali adalah hoaks yang disebarkan para pengajar sesat. "Dongeng-dongeng isapan jempol manusia", kata Simon Petrus (16).

Pengharapan akan kedatangan Yesus kedua kali bukan tak beralasan. Petrus menegaskan bahwa diri-Nya adalah saksi mata dari kebesaran Yesus (16). Kuasa dan kedatangan Yesus bukanlah hoaks. Petrus masih mengingat pengajaran dan mukjizat yang dilakukan Yesus di depan dirinya, murid-murid lain, dan orang banyak. Petrus tahu persis peristiwa kematian dan kebangkitan-Nya. Bahkan, Petrus menyaksikan bagaimana Yesus dimuliakan Allah Bapa sebagai Anak-Nya (17, 18).

Petrus menilai bahwa hal ini makin dibuktikan dengan Kitab Suci. Apabila jemaat memerhatikan firman Allah, hati mereka akan menjadi terang (19). Sebaliknya, hoaks muncul karena orang menafsirkan nubuat dengan kehendak sendiri (20). Surat ini merupakan upaya Petrus untuk menguatkan iman dan pengharapan jemaat, bahwa Kristus akan datang kedua kali sesuai janji-Nya.

Petrus meyakinkan bahwa para nabi tak pernah menyebarkan hoaks. Bagaimana mungkin mereka bisa menubuatkan kebenaran? Inilah yang dikatakan Petrus bahwa mereka memberitakan nubuat oleh dorongan Roh Kudus dan berbicara atas nama Allah (21). Dalam bimbingan Roh Allah, nabi Perjanjian Lama telah menubuatkan peristiwa kehidupan Yesus, lalu Petrus dan para murid menyaksikan semua peristiwa itu digenapi.

Tak ada cara lain untuk mengatasi kesesatan, selain kembali kepada firman Tuhan. Dengan tekun mempelajari dan memerhatikan firman Allah, kita tak gampang termakan oleh hoaks yang menyesatkan. Firman Allah tertulis yaitu Alkitab bukan hanya karangan dari zaman dahulu, melainkan kisah para saksi mata tentang kebesaran Tuhan Yesus Kristus.

Cintailah Injil elok! Belajar, bertanya, dan berdiskusi tentang firman-Nya sehingga iman kita tak gampang dibelokkan, tetapi makin diteguhkan dalam pengharapan. [MKD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/11/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Petrus+1:16-21
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Petrus+1:16-21

2 Petrus 1:16-21

16  Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya.
17  Kami menyaksikan, bagaimana Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
18  Suara itu kami dengar datang dari sorga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.
19  Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.
20  Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
21  sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar