(e-SH) 30 November -- 2 Tesalonika 1 - Memuliakan Allah dalam Penderitaan

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 30 November 2021
Ayat SH: 2 Tesalonika 1

Judul: Memuliakan Allah dalam Penderitaan

Tujuan utama Allah menciptakan manusia adalah agar manusia memuliakan Dia dan menikmati-Nya selamanya (Katekismus Westminster). Hal ini berlaku dalam keadaan apa pun dan kapan pun, termasuk dalam penderitaan.

Jemaat Tesalonika sedang mengalami penderitaan yang sangat besar. Namun, dalam keadaan seperti itu, Rasul Paulus memberikan pujian dan ucapan syukur kepada Allah, sebab meskipun berada dalam penderitaan yang berat, jemaat Tesalonika justru mempunyai iman yang makin besar, kasih kepada saudara seiman yang makin kuat, dan ketabahan yang luar biasa (3-4).

Selain itu, Rasul Paulus memberikan penghiburan dan pengharapan, bahwa mereka yang tetap beriman dalam penderitaan akan dinyatakan layak bagi Kerajaan Allah (5). Mereka akan diberi kelegaan, sedangkan orang yang menganiaya mereka akan dihukum secara adil di dalam penghakiman Allah. Akan tiba saatnya hukuman kebinasaan dijatuhkan dan Tuhan dimuliakan (6-10).

Untuk itulah, Rasul Paulus berharap agar mereka dilayakkan dan disempurnakan oleh Tuhan di tengah penderitaan mereka. Dengan demikian, nama Tuhan dimuliakan (11-12).

Dari perikop ini kita dapat mempelajari beberapa hal. Pertama, iman, kasih, dan, ketabahan dari saudara seiman merupakan hal yang harus disyukuri dan didoakan oleh setiap orang percaya. Kedua, setiap manusia dapat merasakan penderitaan, namun Tuhan akan memberikan keadilan yang sejati. Ketiga, dalam penderitaan yang berat pun, orang percaya dapat memuliakan Tuhan. Keempat, dalam perjalanan kehidupan yang memuliakan Tuhan, niscaya ada kenikmatan hakiki yang diberikan Tuhan kepada setiap anak-Nya.

Kini kita perlu mensyukuri iman dan kasih dari setiap saudara seiman. Sebagai kesatuan tubuh Kristus, kita perlu mendoakan setiap orang yang saat ini sedang mengalami penganiayaan. Penting bagi kita untuk mendoakan mereka secara rutin, baik melalui doa pribadi maupun doa komunal. Selain itu, kita harus terus berharap pada Tuhan dalam keadaan apa pun, agar dalam masa penderitaan sekalipun, kita dimampukan untuk tetap memuliakan nama Tuhan. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/11/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Tesalonika+1
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Tesalonika+1

2 Tesalonika 1

 1  Dari Paulus, Silwanus dan Timotius, kepada jemaat orang-orang Tesalonika di dalam Allah Bapa kita dan di dalam Tuhan Yesus Kristus.
 2  Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
 3  Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu,
 4  sehingga dalam jemaat-jemaat Allah kami sendiri bermegah tentang kamu karena ketabahanmu dan imanmu dalam segala penganiayaan dan penindasan yang kamu derita:
 5  suatu bukti tentang adilnya penghakiman Allah, yang menyatakan bahwa kamu layak menjadi warga Kerajaan Allah, kamu yang sekarang menderita karena Kerajaan itu.
 6  Sebab memang adil bagi Allah untuk membalaskan penindasan kepada mereka yang menindas kamu
 7  dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diri-Nya bersama-sama dengan malaikat-malaikat-Nya, dalam kuasa-Nya, di dalam api yang bernyala-nyala,
 8  dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita.
 9  Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama-lamanya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatan-Nya,
10  apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang-orang kudus-Nya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai.
11  Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu,
12  sehingga nama Yesus, Tuhan kita, dimuliakan di dalam kamu dan kamu di dalam Dia, menurut kasih karunia Allah kita dan Tuhan Yesus Kristus.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar