(e-SH) 29 November -- 2 Timotius 4:9-22 - People Come and Go

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 29 November 2021
Ayat SH: 2 Timotius 4:9-22

Judul: People Come and Go

Kita mungkin merasa khawatir ketika ada orang yang pergi meninggalkan kita dalam dunia pelayanan. Akan tetapi, pada dasarnya dalam dunia pelayanan orang-orang memang datang dan pergi.

Surat Paulus kepada Timotius kali ini adalah ajakan agar Timotius segera datang menyusul Paulus (9). Hal ini karena orang-orang yang selama ini bersama Paulus telah pergi meninggalkannya. Ada yang pergi karena lebih memilih dunia seperti Demas (10). Ada pula yang pergi karena karena alasan pelayanan di tempat lain, seperti Kreskes, Titus, dan Tikhikus (10, 12).

Paulus harus seorang diri menghadapi penentang seperti Aleksander dan melakukan pembelaan bagi ajaran Injil (14-16). Namun, ia dapat bertahan karena ada yang tetap bersamanya, yakni Tuhan. Manusia datang dan pergi, tetapi dalam keadaan seperti itu, Tuhanlah yang terus mendampingi dan menguatkan Paulus, bahkan menyelamatkannya (17-18).

Melayani Tuhan selalu berkaitan dengan partner, tetapi tidak ada yang mengetahui siapa partner yang akan kita dapatkan untuk pelayanan ke depan. Hal ini karena belum tentu orang yang ada bersama kita saat ini adalah orang yang dipilih Tuhan untuk melayani-Nya selamanya. Ada orang-orang yang memulai dengan baik, tetapi mengakhirinya dengan buruk. Ada pula yang memang karena ada pekerjaan Tuhan yang lain, ia harus meninggalkan kita.

Jangan sampai hal ini memadamkan semangat pelayanan kita. Hal ini sangat mungkin terjadi karena apa yang terpenting bukan dengan siapa kita melayani, tetapi Tuhan yang kita layani. Sebagai sesama pelayan, kita mau bersinergi karena kita mencintai Tuhan dan mau melayani-Nya dalam bidang dan talenta yang telah diberikan Tuhan kepada setiap umat pilihan-Nya. Dialah Tuhan yang tidak pernah meninggalkan para hamba-Nya.

Oleh karena itu, penting bagi kita menyadari bahwa kita tidak superior dan memang membutuhkan partner dalam pelayanan. Namun, jika partner tersebut telah meninggalkan kita, tidak perlu kecewa karena masih ada Tuhan yang selalu bersama kita. Pada intinya, people come and go (orang datang dan pergi), namun Tuhan selalu beserta kita. [YGM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/11/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Timotius+4:9-22
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Timotius+4:9-22

2 Timotius 4:9-22

 9  Berusahalah supaya segera datang kepadaku,
10  karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia.
11  Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.
12  Tikhikus telah kukirim ke Efesus.
13  Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu.
14  Aleksander, tukang tembaga itu, telah banyak berbuat kejahatan terhadap aku. Tuhan akan membalasnya menurut perbuatannya.
15  Hendaklah engkau juga waspada terhadap dia, karena dia sangat menentang ajaran kita.
16  Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorangpun yang membantu aku, semuanya meninggalkan aku--kiranya hal itu jangan ditanggungkan atas mereka--,
17  tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan menguatkan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.
18  Dan Tuhan akan melepaskan aku dari setiap usaha yang jahat. Dia akan menyelamatkan aku, sehingga aku masuk ke dalam Kerajaan-Nya di sorga. Bagi-Nyalah kemuliaan selama-lamanya! Amin.
19  Salam kepada Priska dan Akwila dan kepada keluarga Onesiforus.
20  Erastus tinggal di Korintus dan Trofimus kutinggalkan dalam keadaan sakit di Miletus.
21  Berusahalah ke mari sebelum musim dingin. Salam dari Ebulus dan Pudes dan Linus dan Klaudia dan dari semua saudara.
22  Tuhan menyertai rohmu. Kasih karunia-Nya menyertai kamu!


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar