(e-RH) 6 November -- MATIUS 13:10-17 - MEMBUKA HATI DAN MENCARI

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 6 November 2021
Bacaan : MATIUS 13:10-17
Setahun: Yohanes 13-16
Nats: "Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti." (Matius 13:13)

Renungan:

MEMBUKA HATI DAN MENCARI

Yesus senang mengajar menggunakan perumpamaan. Padahal, tidak semua orang mampu memahami bahasa perumpamaan. Apakah Yesus tidak mempertimbangkan kemungkinan lebih banyak orang mau menjadi murid-Nya ketika Ia mengajar dengan bahasa yang lugas? Hal ini mungkin tebersit dalam benak para murid, sehingga mereka mempertanyakannya.

Yesus menjawab pertanyaan para murid dengan mengatakan bahwa perumpamaan menegaskan sifat rahasia Kerajaan Surga. Hanya orang tertentu yang dapat memahaminya, yakni mereka yang membuka hati untuk dibentuk menurut kehendak Allah. Allah berinisiatif, manusia menanggapinya dengan iman. Inisiatif Allah mutlak diperlukan untuk menyatakan rahasia Kerajaan Allah dan membimbing manusia agar merespons pewartaan Kerajaan Allah dengan iman. Bagi orang yang membuka hati akan terjadi proses bertanya, mencari, beroleh tuntunan dan aktif mengimani, sehingga terjadi pertumbuhan rohani. Sebaliknya, perumpamaan akan membuat orang bebal semakin mengalami kebutaan rohani berkelanjutan dan kerajaan Surga semakin tertutup baginya.

Para murid menyatakan ketidakmengertian mereka kepada Yesus, sehingga Yesus memberi penjelasan dan menerangi hati mereka. Langkah iman inilah yang membuat mereka beroleh pengertian. Tempat ibadah yang sama, bacaan Alkitab dan pengkhotbah yang sama, tidak menjamin pengertian yang sama bagi setiap orang yang mendengarkannya. Kebenaran firman Tuhan adalah anugerah, yang akan dinyatakan bagi setiap orang yang mau membuka hati untuk menerimanya. Bagaimana dengan kita? --EBL/www.renunganharian.net
   
RAHASIA KERAJAAN ALLAH TERBUKA BAGI PRIBADI YANG MAU MEMBUKA HATI DAN MENERIMA KARYA ROH KUDUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/11/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/11/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?MATIUS+13:10-17

MATIUS 13:10-17

10  Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: "Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?"
11  Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.
12  Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
13  Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti.
14  Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap.
15  Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka.
16  Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
17  Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Yohanes+13-16
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+13-16

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar