(e-SH) 24 Oktober -- Habakuk 1:5-11 - Menyelami Pekerjaan Allah

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 24 Oktober 2021
Ayat SH: Habakuk 1:5-11

Judul: Menyelami Pekerjaan Allah

Pernahkah Anda merasa ditinggalkan oleh Allah? Habakuk pernah merasakannya. Tentu, karena ini tentang "perasaan", sifatnya subjektif. Tetapi, apakah benar Allah meninggalkan atau diam di saat kita mengalami penderitaan, kesulitan, dan kebimbangan?

Allah tidak tinggal diam membiarkan penindasan, kejahatan, kelaliman, atau kekerasan terjadi di hadapan-Nya. Ayat 5 memberikan gambaran kepada kita bahwa jawaban dan pekerjaan Allah akan selalu membuat kita tercengang. Sering kali kita menginginkan semua hal berjalan seperti apa yang kita inginkan dan rencanakan. Tetapi, Allah bekerja dengan cara yang berbeda, yang kerap tidak terselami.

Allah menjawab kegelisahan Habakuk atas kejahatan bangsanya dengan membangkitkan bangsa lain lebih jahat, yaitu bangsa Kasdim (6). Allah membangkitkan bangsa Kasdim untuk memberikan pelajaran kepada bangsa Israel yang lalim dan melakukan penindasan terhadap sesamanya.

Tindakan Allah yang tidak masuk akal ini menguatkan bahwa Ia adalah Allah yang berdaulat dan penuh kuasa. Tidak ada yang dapat menjadi penasihat-Nya, sebab Dia adalah Allah yang Mahabijaksana dan Mahaadil.

Pengalaman Habakuk menyelami pekerjaan Allah menjadi refleksi bagi kita, adakah kejadian dalam hidup ini yang di luar pemikiran dan perhitungan kita, di mana orang yang lebih jahat dari kita bisa dipakai Allah untuk mendidik, menegur, dan menghajar kita? Seperti Allah sedang memberi rotan untuk menyadarkan dan membuat kita berbalik dari dosa yang kita lakukan.

Menyelami pekerjaan Allah sama sulitnya, atau mungkin lebih sulit dari mencari jarum dalam tumpukan jerami. Barangkali kita bisa memahaminya pada suatu waktu tertentu, tetapi mungkin juga tidak sama sekali. Betapa pun sulitnya, upaya kita untuk memahami pekerjaan Allah tidak akan pernah sia-sia. Karena, upaya itu akan membawa kita makin dekat dengan Allah, makin berserah diri, dan makin merendahkan hati di hadapan-Nya. [ETS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Habakuk+1:5-11
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Habakuk+1:5-11

Habakuk 1:5-11

 5  Lihatlah di antara bangsa-bangsa dan perhatikanlah, jadilah heran dan tercengang-cengang, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan.
 6  Sebab, sesungguhnya, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim, bangsa yang garang dan tangkas itu, yang melintasi lintang bujur bumi untuk menduduki tempat kediaman, yang bukan kepunyaan mereka.
 7  Bangsa itu dahsyat dan menakutkan; keadilannya dan keluhurannya berasal dari padanya sendiri.
 8  Kudanya lebih cepat dari pada macan tutul, dan lebih ganas dari pada serigala pada waktu malam; pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa.
 9  Seluruh bangsa itu datang untuk melakukan kekerasan, serbuan pasukan depannya seperti angin timur, dan mereka mengumpulkan tawanan seperti banyaknya pasir.
10  Raja-raja dicemoohkannya dan penguasa-penguasa menjadi tertawaannya. Ditertawakannya tiap tempat berkubu, ditimbunkannya tanah dan direbutnya tempat itu.
11  Maka berlarilah mereka, seperti angin dan bergerak terus; demikianlah mereka bersalah dengan mendewakan kekuatannya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar