(e-SH) 20 Oktober -- Mikha 7:1-6 - Menjaga Akhlak

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 20 Oktober 2021
Ayat SH: Mikha 7:1-6

Judul: Menjaga Akhlak

Sebagai umat yang percaya kepada Allah, penting bagi orang Kristen untuk menjaga akhlaknya. Kata "akhlak" berasal dari bahasa Arab, yaitu "khuluq" yang berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat.

Perikop ini menggambarkan betapa umat Israel tidak dapat menjaga akhlaknya sebagai umat Allah hingga tidak ada satu pun orang yang bisa dipercaya. Betapa mengerikan keadaan umat Tuhan pada masa pelayanan Mikha. Bagaimana tidak, semua orang telah melakukan hal yang jahat terhadap sesamanya (2).

Tidak ada seorang pun yang saleh dan jujur, semua orang saling membinasakan. Orang-orang telah menjadi begitu ahli dalam berbuat jahat (3), mulai dari para pembesar negeri hingga orang-orang biasa. Kejahatan menjadi begitu masif, terjadi di semua tempat, tidak terkecuali di tempat di mana seharusnya keadilan dan kebenaran ditegakkan. Lebih mengerikan lagi, di rumah sekalipun, tempat di mana seharusnya sanak keluarga bertemu dan mendapatkan rasa aman, di situ pun terjadi kejahatan yang begitu buruk (6).

Kita dapat belajar tiga hal dari perikop ini. Pertama, menjaga akhlak adalah panggilan bagi setiap orang yang percaya kepada Kristus. Akhlak atau perangai seorang Kristen harus mencerminkan yang baik menurut Allah, apa pun profesinya. Kedua, orang Kristen harus menjaga akhlaknya di mana pun ia berada, baik di dalam rumah bersama anggota keluarga maupun di luar rumah bersama orang lain. Ketiga, orang Kristen harus menjaga akhlaknya dalam kondisi apa pun, tak hanya saat senang, tetapi juga saat kesal atau sedih.

Ketika kesalehan dan kejujuran sudah menjadi perangai langka, orang Kristen harus tetap menjadi orang yang saleh dan jujur. Saat dikelilingi orang yang terbiasa berbuat jahat, ia tetap harus menjadi orang yang menebar kebaikan.

Allah memanggil setiap kita untuk menjaga akhlak sebagai umat yang percaya kepada-Nya. Di mana pun dan dalam kondisi apa pun, akhlak kita sebagai orang Kristen harus tetap terjaga sesuai dengan apa yang baik di mata Allah dan yang dikehendaki-Nya. [ETS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/20/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mikha+7:1-6
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mikha+7:1-6

Mikha 7:1-6

 1  Celaka aku! Sebab keadaanku seperti pada pengumpulan buah-buahan musim kemarau, seperti pada pemetikan susulan buah anggur: tidak ada buah anggur untuk dimakan, atau buah ara yang kusukai.
 2  Orang saleh sudah hilang dari negeri, dan tiada lagi orang jujur di antara manusia. Mereka semuanya mengincar darah, yang seorang mencoba menangkap yang lain dengan jaring.
 3  Tangan mereka sudah cekatan berbuat jahat; pemuka menuntut, hakim dapat disuap; pembesar memberi putusan sekehendaknya, dan hukum, mereka putar balikkan!
 4  Orang yang terbaik di antara mereka adalah seperti tumbuhan duri, yang paling jujur di antara mereka seperti pagar duri; hari bagi pengintai-pengintaimu, hari penghukumanmu, telah datang, sekarang akan mulai kegemparan di antara mereka!
 5  Janganlah percaya kepada teman, janganlah mengandalkan diri kepada kawan! Jagalah pintu mulutmu terhadap perempuan yang berbaring di pangkuanmu!
 6  Sebab anak laki-laki menghina ayahnya, anak perempuan bangkit melawan ibunya, menantu perempuan melawan ibu mertuanya; musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar