(e-SH) 18 Oktober -- Mikha 5:2-15 - Dari yang Terkecil Datang Penyelamat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 18 Oktober 2021
Ayat SH: Mikha 5:2-15

Judul: Dari yang Terkecil Datang Penyelamat

Lazim apabila pemimpin besar lahir dari keluarga terpandang dan terkenal, atau berasal dari kota besar, karena memang mempunyai modal dan segala hal yang mendukung untuk mencapainya. Bagaimana jika pemimpin itu lahir dari keluarga dan tempat yang tak dikenal? Apalagi, Dia bukan hanya Pemimpin, tetapi Penyelamat yang sempurna?

Mikha bernubuat bahwa Yerusalem yang perkasa akan dihancurkan. Rajanya tidak bisa menyelamatkan. Namun, Betlehem kota kecil akan menjadi tempat kelahiran satu-satunya Raja keturunan Daud yang menyelamatkan umat-Nya, Dialah sang Mesias (bdk. Luk. 2:4-7), yang akan memerintah sebagai Raja yang kekal, sang Gembala pembawa damai, penghancur semua musuh-Nya (1-8).

Mikha berulang kali menyampaikan frasa "Aku akan melenyapkan" yang ditujukan pada hal-hal jahat seperti bersandar pada kekuatan sendiri, kekuatan militer, alat-alat sihir, peramal, dan tugu berhala. Ini memberi penegasan keras bahwa Tuhan tidak pernah main-main dengan segala sesuatu yang tidak berkenan bagi-Nya (9-14).

Paradoks kelahiran Yesus yang sederhana di kandang domba, dan dari kota kecil Betlehem yang tidak pernah dianggap oleh manusia, telah dinubuatkan begitu mendetail. Kita melihat betapa ajaib kedatangan-Nya, dan tidak ada yang kebetulan sebab semua nubuat para nabi tergenapi.

Yesus Kristus adalah Mesias yang lahir di Betlehem sesuai dengan nubuat Nabi Mikha. Dia adalah Raja damai, penuh kasih dan kerendahan hati, juga kekuatan yang mampu menyelamatkan umat-Nya, dan melenyapkan semua kuasa kegelapan.

Karya keselamatan-Nya adalah pengharapan, berita sukacita, kekuatan sejati, dan sebuah kepastian. Dia adalah Tuhan yang berinisiatif menyelamatkan jiwa-jiwa yang penuh dosa. Dia adalah Penyelamat semua umat dan bangsa yang dilahirkan di sebuah tempat kecil di Betlehem. Marilah kita merespons kedatangan-Nya dengan benar melalui iman bahwa Dia adalah Sang Penyelamat sejati. [GSS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mikha+5:2-15
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mikha+5:2-15

Mikha 5:2-15

 2  (5-1) Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.
 3  (5-2) Sebab itu ia akan membiarkan mereka sampai waktu perempuan yang akan melahirkan telah melahirkan; lalu selebihnya dari saudara-saudaranya akan kembali kepada orang Israel.
 4  (5-3) Maka ia akan bertindak dan akan menggembalakan mereka dalam kekuatan TUHAN, dalam kemegahan nama TUHAN Allahnya; mereka akan tinggal tetap, sebab sekarang ia menjadi besar sampai ke ujung bumi,
 5  (5-4) dan dia menjadi damai sejahtera. Apabila Asyur masuk ke negeri kita dan apabila ia menginjak tanah kita, maka kita akan membangkitkan melawan dia tujuh gembala, bahkan delapan pemimpin manusia.
 6  (5-5) Mereka itu akan mencukur negeri Asyur dengan pedang dan negeri Nimrod dengan pedang terhunus; mereka akan melepaskan kita dari Asyur, apabila ia ini masuk ke negeri kita dan menginjak daerah kita.
 7  (5-6) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di tengah-tengah banyak bangsa seperti embun dari pada TUHAN seperti dirus hujan ke atas tumbuh-tumbuhan yang tidak menanti-nantikan orang dan tidak mengharap-harapkan anak manusia.
 8  (5-7) Maka sisa-sisa Yakub akan ada di antara suku-suku bangsa, di tengah-tengah banyak bangsa seperti singa di antara binatang-binatang hutan, seperti singa muda di antara kawanan kambing domba: ke manapun ia pergi, maka ia membanting dan menerkam, sedang tidak ada yang melepaskan.
 9  (5-8) Tanganmu akan diangkat melawan para lawanmu, dan semua musuhmu akan dilenyapkan!
10  (5-9) Maka akan terjadi pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melenyapkan kudamu dari tengah-tengahmu dan akan membinasakan keretamu.
11  (5-10) Aku akan melenyapkan kota-kota negerimu dan akan meruntuhkan segala kubumu.
12  (5-11) Aku akan melenyapkan alat-alat sihir dari tanganmu, dan tukang-tukang peramal tidak akan ada lagi padamu.
13  (5-12) Aku akan melenyapkan patung-patungmu dan tugu-tugu berhalamu dari tengah-tengahmu, maka engkau tidak lagi akan sujud menyembah kepada buatan tanganmu.
14  (5-13) Aku akan menyentakkan tiang-tiang berhalamu dari tengah-tengahmu dan akan memunahkan berhalamu;
15  (5-14) Aku akan membalas dendam dengan murka dan kehangatan amarah, kepada bangsa-bangsa yang tidak mau mendengarkan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar