(e-SH) 16 Oktober -- Mikha 4:1-5 - Penempaan & Pengajaran, Siapkah Kita?

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 16 Oktober 2021
Ayat SH: Mikha 4:1-5

Judul: Penempaan & Pengajaran, Siapkah Kita?

Penempaan dan pengajaran yang benar harusnya membawa kita untuk tunduk dan setia kepada orang yang menempa dan mengajar kita. Masalahnya, apakah kita siap untuk ditempa dan diajar, walaupun kita tahu itu untuk kebaikan kita? Apakah kita memiliki kesetiaan dan sikap mau tunduk?

Di dalam Mikha pasal 3 tergambar hal-hal yang sangat mengerikan, namun dalam permulaan pasal 4 terdapat ungkapan "pada hari-hari yang terakhir" yang menggambarkan hari-hari ketika Allah akan memerintah atas Kerajaan-Nya yang sempurna. Dari sana Dia akan mengajarkan jalan-jalan yang Dia inginkan agar manusia hidup menurut hukum-Nya; itu berawal dari Yerusalem ke seluruh dunia (1-2).

Allah akan menghakimi banyak orang dan tidak akan ada lagi perang. Walaupun ada konflik antara bangsa dan individu, tetapi itu akan diselesaikan dengan adil dan tegas oleh Tuhan (3). Orang tidak akan lagi mencintai uang dan menginginkan barang milik orang lain (4).

Pemulihan Tuhan tidak berasal dari usaha manusia, namun dari kasih kemurahan Tuhan semata. Pemulihan dari-Nya tidak hanya untuk yang kuat, tetapi juga bagi yang lemah dan kurang beruntung.

Tuhan mengajarkan jalan-jalan-Nya kepada manusia. Melalui setiap firman yang keluar dari mulut-Nya, manusia diajarkan untuk hidup seperti kehendak Tuhan.

Dalam masa penantian ini, kita hendaknya melihat bahwa tempaan dan ajaran Tuhan tidak akan mudah, ibarat mendaki sebuah gunung. Akan tetapi, kesulitan dan penderitaan itulah yang akan membuat kita dapat berjalan sesuai dengan jalan-Nya.

Tidak akan ada lagi rasa takut, yang ada hanyalah takut akan penghukuman dari Tuhan, karena setiap orang akan menghormati hukum Tuhan. Tidak ada rasa ketidakadilan, karena kita saling percaya. Semua itu terjadi pada waktu Tuhan menjadi Raja atas segalanya.

Marilah kita menyiapkan diri untuk ditempa dan diajar sesuai dengan jalan Tuhan, walaupun hal itu tidak mudah. Karena itu, siapkanlah diri kita masing-masing! [GSS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/10/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Mikha+4:1-5
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Mikha+4:1-5

Mikha 4:1-5

 1  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana,
 2  dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran, dan firman TUHAN dari Yerusalem."
 3  Ia akan menjadi hakim antara banyak bangsa, dan akan menjadi wasit bagi suku-suku bangsa yang besar sampai ke tempat yang jauh; mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak, dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.
 4  Tetapi mereka masing-masing akan duduk di bawah pohon anggurnya dan di bawah pohon aranya dengan tidak ada yang mengejutkan, sebab mulut TUHAN semesta alam yang mengatakannya.
 5  Biarpun segala bangsa berjalan masing-masing demi nama allahnya, tetapi kita akan berjalan demi nama TUHAN Allah kita untuk selamanya dan seterusnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar