(e-RH) 29 Oktober -- HABAKUK 1 - KESEMPATAN LEBIH BERGANTUNG

Posted On // Leave a Comment
e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 29 Oktober 2021
Bacaan : HABAKUK 1
Setahun: Lukas 19-20
Nats: Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi. (Habakuk 1:3)

Renungan:

KESEMPATAN LEBIH BERGANTUNG

Ketika kita melihat ketidakadilan terjadi, pertanyaan seperti ini timbul dalam hati kita, "Mengapa?" Ketika kita melihat atau mengalami kejahatan, betapa seringnya kita mempertanyakannya kepada Allah.

Salah satu nabi-Nya juga mengajukan pertanyaan yang sama seperti kita. Ia bahkan bertanya tanpa berputar-putar, tanpa rasa malu. Nabi Habakuk, gemas karena teriakannya tentang penindasan tidak direspons Allah. Hatinya getir karena Allah memperlihatkan berbagai penderitaan. "Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, aniaya, kekerasan, dan pertikaian?" Ia melihat betapa hukum sudah kehilangan kekuatannya, tidak ada keadilan, orang fasik mengepung orang benar. Sebuah situasi yang hampir sama seperti yang Allah perlihatkan kepada kita di masa kini, bukan?

Apa yang diperlihatkan Allah sesungguhnya menjelaskan kepada kita bahwa tidak satu pun orang di dunia ini kebal dari kemalangan. Allah tidak pernah berjanji membentengi kita dari kemalangan. Namun, Allah akan campur tangan dalam situasi negatif yang kita alami menurut kekuasaan dan kemahakuasaan-Nya, bukan karena tuntutan kita. Jadi, masa-masa sukar adalah kesempatan bagi kita untuk lebih bergantung kepada Allah dan untuk menemukan bahwa ketika keadaan terjadi seperti yang tidak kita harapkan, kita beroleh kasih karunia-Nya untuk tetap bertahan. Allah mengizinkan semua kemalangan itu agar menjadi pengalaman yang mendidik bagi iman kita. --SYS/www.renunganharian.net
   
KEMALANGAN ORANG BENAR BANYAK, TETAPI TUHAN MELEPASKAN DIA DARI SEMUANYA ITU.-MAZMUR 34:20

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2021/10/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2021/10/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?HABAKUK+1

HABAKUK 1

 1  Ucapan ilahi dalam penglihatan nabi Habakuk.
 2  Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: "Penindasan!" tetapi tidak Kautolong?
 3  Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi.
 4  Itulah sebabnya hukum kehilangan kekuatannya dan tidak pernah muncul keadilan, sebab orang fasik mengepung orang benar; itulah sebabnya keadilan muncul terbalik.
 5  Lihatlah di antara bangsa-bangsa dan perhatikanlah, jadilah heran dan tercengang-cengang, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan.
 6  Sebab, sesungguhnya, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim, bangsa yang garang dan tangkas itu, yang melintasi lintang bujur bumi untuk menduduki tempat kediaman, yang bukan kepunyaan mereka.
 7  Bangsa itu dahsyat dan menakutkan; keadilannya dan keluhurannya berasal dari padanya sendiri.
 8  Kudanya lebih cepat dari pada macan tutul, dan lebih ganas dari pada serigala pada waktu malam; pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa.
 9  Seluruh bangsa itu datang untuk melakukan kekerasan, serbuan pasukan depannya seperti angin timur, dan mereka mengumpulkan tawanan seperti banyaknya pasir.
10  Raja-raja dicemoohkannya dan penguasa-penguasa menjadi tertawaannya. Ditertawakannya tiap tempat berkubu, ditimbunkannya tanah dan direbutnya tempat itu.
11  Maka berlarilah mereka, seperti angin dan bergerak terus; demikianlah mereka bersalah dengan mendewakan kekuatannya.
12  Bukankah Engkau, ya TUHAN, dari dahulu Allahku, Yang Mahakudus? Tidak akan mati kami. Ya TUHAN, telah Kautetapkan dia untuk menghukumkan; ya Gunung Batu, telah Kautentukan dia untuk menyiksa.
13  Mata-Mu terlalu suci untuk melihat kejahatan dan Engkau tidak dapat memandang kelaliman. Mengapa Engkau memandangi orang-orang yang berbuat khianat itu dan Engkau berdiam diri, apabila orang fasik menelan orang yang lebih benar dari dia?
14  Engkau menjadikan manusia itu seperti ikan di laut, seperti binatang-binatang melata yang tidak ada pemerintahnya?
15  Semuanya mereka ditariknya ke atas dengan kail, ditangkap dengan pukatnya dan dikumpulkan dengan payangnya; itulah sebabnya ia bersukaria dan bersorak-sorai.
16  Itulah sebabnya dipersembahkannya korban untuk pukatnya dan dibakarnya korban untuk payangnya; sebab oleh karena alat-alat itu pendapatannya mewah dan rezekinya berlimpah-limpah.
17  Sebab itukah ia selalu menghunus pedangnya dan membunuh bangsa-bangsa dengan tidak kenal belas kasihan?

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?Lukas+19-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Lukas+19-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2021 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar