(e-SH) 7 September -- Matius 17:14-21 - Iman Sebesar Biji Sesawi

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 7 September 2021
Ayat SH: Matius 17:14-21

Judul: Iman Sebesar Biji Sesawi

Seorang ayah akan berusaha melakukan apa pun yang terbaik demi kesembuhan anaknya yang sedang menderita karena sakit. Itu sebabnya, dalam nas hari ini, seorang ayah datang kepada Yesus dan menyembah-Nya, serta meminta belas kasihan Tuhan agar anaknya disembuhkan.

Anak yang sakit ayan itu menderita selain karena penyakit itu sendiri, juga oleh dampaknya yang membuatnya sering jatuh ke dalam api atau ke dalam air. Orang-orang pada masa itu tentu berpikir bahwa jika Yesus sanggup melakukan mukjizat, maka murid-murid-Nya pun tentu mampu melakukannya. Tetapi, ketika anak itu dibawa kepada murid-murid Yesus, mereka tidak dapat menyembuhkannya (16). Karena itu, Yesus mengecam keras murid-murid-Nya sebagai generasi yang sesat dan tidak percaya. Padahal, Yesus sudah memberi mereka kuasa (lih. Mat. 10:1).

Anak itu bukan menderita penyakit yang bersifat medis semata, melainkan juga karena kuasa setan yang ada di dalam tubuhnya. Yesus mengusir setan itu dan seketika itu juga sembuhlah anak itu (18).

Masalah utama yang menyebabkan para murid tidak dapat mengusir setan adalah karena mereka kurang percaya, baik kepada Yesus, maupun atas kuasa yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Yesus berkata bahwa jika mereka mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, mereka dapat memerintahkan agar gunung pindah. Dengan iman yang demikian, tidak ada lagi yang mustahil bagi mereka.

Sikap kurang percaya kepada kuasa Allah sering kali juga menjadi masalah utama dalam hidup kita sehingga kita tidak mampu menghadapi pergumulan-pergumulan hidup. Hanya dibutuhkan iman sebesar biji sesawi, yaitu benih terkecil untuk dapat menghadirkan kuasa Allah yang sangat besar di dalam hidup orang percaya. Tanpa iman yang penuh, kita tidak akan berdaya sama sekali menghadapi kuasa iblis dan pergumulan hidup. Allah menghendaki kita percaya dan mengandalkan Dia sepenuhnya agar kuasa-Nya menjadi nyata dalam hidup kita. Teruslah bertumbuh dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus setiap hari. [RBS]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/09/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+17:14-21
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+17:14-21

Matius 17:14-21

14  Ketika Yesus dan murid-murid-Nya kembali kepada orang banyak itu, datanglah seorang mendapatkan Yesus dan menyembah,
15  katanya: "Tuhan, kasihanilah anakku. Ia sakit ayan dan sangat menderita. Ia sering jatuh ke dalam api dan juga sering ke dalam air.
16  Aku sudah membawanya kepada murid-murid-Mu, tetapi mereka tidak dapat menyembuhkannya."
17  Maka kata Yesus: "Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!"
18  Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga.
19  Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?"
20  Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.
21  (Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan berdoa dan berpuasa.)"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar