(e-SH) 4 September -- Matius 16:13-20 - Menjadi Batu Hidup

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 4 September 2021
Ayat SH: Matius 16:13-20

Judul: Menjadi Batu Hidup

Sebongkah batu alam tidak berharga saat masih berada di gunung. Tetapi, ketika batu itu menjadi bagian dari istana yang indah, batu itu menjadi batu alam yang mahal dan berharga.

Bagian ini menutup serangkaian narasi yang menunjukkan pentingnya pengenalan akan Yesus Sang Mesias, Anak Allah yang hidup. Pengakuan Petrus akan kemesiasan Yesus menjadi sebuah pengakuan yang sangat penting (16). Ketika murid yang lain hanya melihat Yesus seperti seorang nabi, Petrus melihat-Nya lebih dari itu (14). Dan, Yesus menguatkan pengakuan Petrus dengan mengatakan bahwa pengakuan itu bukan datang dari diri Petrus sendiri, melainkan datang dari Allah (17). Jadi, Allah memakai Petrus untuk menyatakan kepada dunia bahwa Yesus adalah Anak Allah.

Sejak hari itu Petrus menjadi "batu hidup" (18)-batu karang-yang di atasnya akan diletakkan dasar bangunan Bait Allah yang hidup atau Gereja. Yesus memberikan kunci kerajaan surga kepada Petrus yang sudah mengakui Yesus, Sang Anak Allah yang hidup.

Apa yang membuat kita berbahagia? Perikop ini mengajar kita bahwa kebahagiaan sejati adalah mengenal Yesus di dalam anugerah Allah. Dan, pengenalan ini membawa kita menjadi bagian dari Bait Allah yang hidup. Setiap orang yang mengakui Yesus-Anak Allah yang hidup-menjadi bagian dari bangunan Bait Allah atau Gereja yang hidup.

Manusia yang berdosa adalah seperti batu-batu yang tidak berharga di alam. Oleh anugerah Allah, ketika kita menjadi orang percaya dan mengikut Yesus, maka kita dijadikan bagian dari Bait Allah yang kudus dan mulia. Inilah kebahagiaan kita yang sejati.

Lirik lagu dalam Kidung Jemaat nomor 392 dengan tepat mengungkapkan kebahagiaan itu: "Kuberbahagia yakin teguh, Yesus abadi kepunyaanku". Besarnya anugerah Allah yang menerima kita menjadi bagian dari gereja-Nya kiranya mendorong kita untuk terus memuji Tuhan melalui hidup yang berkenan kepada-Nya. Jadilah batu-batu hidup yang tersusun rapi dan cemerlang memancarkan keindahan Kristus. [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/09/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+16:13-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+16:13-20

Matius 16:13-20

13  Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
14  Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."
15  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
17  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
19  Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."
20  Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar