(e-SH) 3 September -- Matius 16:1-12 - Rindu Mengenal Yesus

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 3 September 2021
Ayat SH: Matius 16:1-12

Judul: Rindu Mengenal Yesus

Perikop ini kembali menunjukkan ketegangan antara orang-orang Farisi dan Saduki dengan Yesus. Bagian ini menjadi sangat kontras dibandingkan dengan bagian sebelumnya yang menunjukkan bagaimana orang banyak dapat menyaksikan dan mengalami sendiri perbuatan-perbuatan Yesus yang luar biasa. Tetapi, orang-orang terkemuka itu justru meminta tanda dari Yesus. Persoalannya adalah mereka tidak memiliki iman sehingga tidak bisa melihat kemesiasan Yesus di depan mereka.

Yesus mengingatkan murid-murid agar tidak terpengaruh oleh ragi orang Farisi (6). Tetapi, mereka berpikir bahwa Yesus sedang menyindir mereka (7). Padahal, apa yang dimaksud Yesus adalah pengajaran orang Farisi dan Saduki yang telah menyimpang dari maksud Taurat yang sesungguhnya.

Orang-orang Farisi hanya ingin melihat apa yang ingin mereka lihat sesuai dengan pengetahuan dan perspektif yang mereka miliki. Mereka tidak terbuka bagi kebenaran yang dianugerahkan Allah. Di sisi lain, para murid juga mencoba menafsirkan kata-kata Yesus menurut pemikiran mereka sendiri, dan mereka pun tidak mengerti maksud Yesus.

Seperti orang Farisi dan Saduki, kita kerap kali hanya ingin melihat apa yang ingin kita lihat, sehingga kita tidak pernah terbuka untuk mengalami apa yang telah disingkapkan Tuhan. Bahkan, kita juga kerap kali seperti murid-murid yang mencoba menafsirkan firman Tuhan menurut apa yang menjadi pandangan pribadi kita sendiri. Inilah yang membuat kita kadang tidak dapat melihat pekerjaan-pekerjaan Tuhan atau memahami firman-Nya dengan benar sesuai maksud Allah.

Iman kepada Yesus akan membuat kita terbuka kepada apa yang Dia singkapkan. Ketika kita membaca firman Tuhan, kiranya kita tidak mengartikannya seperti apa yang ingin kita mengerti. Kita harus senantiasa rindu untuk makin mengenal Yesus dan mengerti kebenaran-Nya. Dengan demikian, kita akan makin mengenal dan memiliki pengalaman baru bersama Tuhan. Apakah setiap kali kita membaca firman-Nya, ada hati yang rindu dan terbuka untuk makin mengenal Dia? [RGD]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/09/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+16:1-12
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+16:1-12

Matius 16:1-12

 1  Kemudian datanglah orang-orang Farisi dan Saduki hendak mencobai Yesus. Mereka meminta supaya Ia memperlihatkan suatu tanda dari sorga kepada mereka.
 2  Tetapi jawab Yesus: "Pada petang hari karena langit merah, kamu berkata: Hari akan cerah,
 3  dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak.
 4  Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus." Lalu Yesus meninggalkan mereka dan pergi.
 5  Pada waktu murid-murid Yesus menyeberang danau, mereka lupa membawa roti.
 6  Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."
 7  Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak membawa roti."
 8  Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Hai orang-orang yang kurang percaya!
 9  Belum juga kamu mengerti? Tidak kamu ingat lagi akan lima roti untuk lima ribu orang itu dan berapa bakul roti kamu kumpulkan kemudian?
10  Ataupun akan tujuh roti untuk empat ribu orang itu dan berapa bakul kamu kumpulkan kemudian?
11  Bagaimana mungkin kamu tidak mengerti bahwa bukan roti yang Kumaksudkan. Aku berkata kepadamu: Waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."
12  Ketika itu barulah mereka mengerti bahwa bukan maksud-Nya supaya mereka waspada terhadap ragi roti, melainkan terhadap ajaran orang Farisi dan Saduki.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar