(e-SH) 25 September -- Amos 3:1-8 - Peringatan Sebelum Hukuman

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 25 September 2021
Ayat SH: Amos 3:1-8

Judul: Peringatan Sebelum Hukuman

Kebanyakan manusia tidak siap menerima konsep keadilan Allah. Kita lebih menyukai "Allah mengasihi" daripada "Allah menghukum". Padahal, keadilan dan penghukuman Allah tidak dapat dipisahkan dari kasih-Nya.

Untuk memulai nubuat penghukuman Tuhan atas Israel, Amos mengingatkan mereka tentang kedudukan Israel yang istimewa di mata Allah: "Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi ..." (2a). Dari semua bangsa, Tuhan memilih Israel. Namun, berulang kali bangsa ini menyakiti hati-Nya. Mereka melanggar janji dengan tidak lagi berjalan bersama Allah (3). Mereka layak dihukum. Tetapi, sebelum menjatuhkan hukuman, Tuhan memastikan bahwa mereka menyadari kesalahannya. Mereka harus merenung atas perumpamaan-perumpamaan yang diberikan. Ada satu kesamaan di dalam perumpamaan-perumpamaan tersebut, yaitu semuanya mengandung hubungan sebab-akibat, tidak ada yang acak.

Jika hal yang sepele saja tidak terjadi secara acak, terlebih lagi keputusan dan tindakan Tuhan. Mustahil terjadi malapetaka jika Tuhan tidak mengizinkannya (6). Tuhan berkuasa mendatangkan malapetaka atas Israel karena dosa-dosa mereka. Pada waktunya Ia berhak menghukum mereka.

Namun, Allah terlebih dahulu memberi peringatan kepada umat-Nya. Tujuan-Nya adalah agar umat-Nya dapat menyadari akan dosa mereka, lalu berbalik dari dosa itu kepada Allah. Dalam penghukuman-Nya, Allah tetap menunjukkan belas kasih.

Tidak seorang pun dari kita berharap mencicipi hukuman Allah. Karena itu, kita berjuang setiap waktu untuk tidak berdosa, baik sengaja maupun tidak. Akan tetapi, terkadang kita masih lengah dan lalai.

Pada zaman sekarang tidak ada lagi nabi yang akan memperingatkan orang-orang percaya. Namun, kita memiliki Alkitab sebagai firman Allah dan Roh Kudus yang tidak hanya memberi peringatan, tetapi juga menyediakan kekuatan agar kita menghindari dosa. Mari kita belajar peka mendengarkan suara-Nya yang menegur kita. Ia akan memimpin kita kembali kepada Allah. Melalui karya-Nya, keadilan dan kasih Allah dinyatakan kepada kita. [PHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/09/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Amos+3:1-8
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Amos+3:1-8

Amos 3:1-8

 1  Dengarlah firman ini, yang diucapkan TUHAN tentang kamu, hai orang Israel, tentang segenap kaum yang telah Kutuntun keluar dari tanah Mesir, bunyinya:
 2  "Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum di muka bumi, sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.
 3  Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?
 4  Mengaumkah seekor singa di hutan, apabila tidak mendapat mangsa? Bersuarakah singa muda dari sarangnya, jika belum menangkap apa-apa?
 5  Jatuhkah seekor burung ke dalam perangkap di tanah, apabila tidak ada jerat terhadapnya? Membingkaskah perangkap dari tanah, jika tidak ditangkapnya sesuatu?
 6  Adakah sangkakala ditiup di suatu kota, dan orang-orang tidak gemetar? Adakah terjadi malapetaka di suatu kota, dan TUHAN tidak melakukannya?
 7  Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
 8  Singa telah mengaum, siapakah yang tidak takut? Tuhan ALLAH telah berfirman, siapakah yang tidak bernubuat?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar