(e-SH) 7 Agustus -- 2 Yohanes 1:7-13 - Jangan Sesat, Kasih Haruslah Konkret

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 7 Agustus 2021
Ayat SH: 2 Yohanes 1:7-13

Judul: Jangan Sesat, Kasih Haruslah Konkret

Ajaran sesat yang dipermasalahkan adalah penolakan kemanusiaan Yesus (7). Paham doketisme seolah-olah meninggikan status keilahian Yesus. Dalam bahasa Yunani, dokeo berarti tampak, artinya kemanusiaan Yesus hanya dianggap sebagai penampakan saja. Penolakan kemanusiaan Yesus itulah yang menimbulkan banyak persoalan.

Doketisme berkaitan dengan gnostisisme yang juga ditentang keras oleh gereja mula-mula. Dalam gnostisisme, tubuh fisik atau materi dianggap jahat, tidak murni, kotor, dan tidak mungkin bercampur dengan Yang Ilahi atau spiritual. Jadi, tak mungkin Allah bercampur dengan hal yang menjijikkan dan menjadi manusia. Menurut gnostisisme, keselamatan adalah ketika yang spiritual terlepas dari penjara tubuh yang kotor dan jahat. Dunia ide-ide abstrak dianggap lebih tinggi dan suci dibandingkan dengan hal-hal yang bersifat materi dan konkret.

Namun, penulis-penulis Alkitab bukanlah penganut doketisme dan gnostisisme. Mereka memahami, segala yang berhubungan dengan tubuh manusia, yaitu fisik atau materi, juga termasuk dalam karya pemulihan Allah. Jika Yesus tidak benar-benar menjadi manusia, maka kemanusiaan itu juga tidak benar-benar ditebus dan dipulihkan. Hanya jika kemanusiaan disentuh inkarnasi Ilahi, maka kesembuhan dan pemulihan pun terjadi.

Pemahaman iman yang inkarnasional menolak untuk menghidupi iman hanya dalam tataran ide-ide saja. Iman harus menjelma dalam tindakan konkret. Pada zaman kuno, di mana melakukan perjalanan dapat sangat berbahaya, tumpangan dari seorang saudara seiman adalah bagian konkret dari kehidupan iman yang benar.

Dalam dunia modern, sikap terhadap media sosial dan dunia digital barangkali lebih pelik daripada tindakan memberikan tumpangan kepada pengembara zaman kuno. Namun, kita juga diundang untuk menghidupi dunia digital modern secara kreatif dengan penuh kasih.

Karena Yesus benar-benar telah menjadi manusia, mari kita hidupi kasih bukan sekadar sebagai ide, melainkan menjadi tindakan dalam kehidupan yang konkret. [IHM]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/08/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?2+Yohanes+1:7-13
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/2+Yohanes+1:7-13

2 Yohanes 1:7-13

 7  Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.
 8  Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.
 9  Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak.
10  Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.
11  Sebab barangsiapa memberi salam kepadanya, ia mendapat bagian dalam perbuatannya yang jahat.
12  Sungguhpun banyak yang harus kutulis kepadamu, aku tidak mau melakukannya dengan kertas dan tinta, tetapi aku berharap datang sendiri kepadamu dan berbicara berhadapan muka dengan kamu, supaya sempurnalah sukacita kita.
13  Salam kepada kamu dari anak-anak saudaramu yang terpilih.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar