(e-SH) 31 Agustus -- Matius 11:20-24 - Kecaman Allah jika Tidak Bertobat

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 31 Agustus 2021
Ayat SH: Matius 11:20-24

Judul: Kecaman Allah jika Tidak Bertobat

Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di sana Dia banyak melakukan mukjizat-Nya (20). Kota-kota itu adalah Khorazim, Betsaida, dan Kapernaum (21-24).

Mungkin masih ada lagi kota-kota lain yang memiliki sikap serupa. Namun, ketiga kota itu tampaknya cukup mewakili sikap orang-orang yang tidak mau bertobat meskipun telah mendapat banyak pertolongan dan mukjizat dari Tuhan Yesus.

Kecaman Tuhan Yesus terhadap mereka yang tidak mau bertobat menjadi peringatan juga bagi kita sebagai pengikut Kristus. Kita pun telah banyak menerima kelimpahan berkat dari Tuhan, tetapi sering tidak bersyukur atas berkat-berkat itu. Kita kurang bersyukur dalam menerima pemberian Tuhan dan kurang memakainya untuk melayani Tuhan dan sesama.

Sering kali kita masih merasa kurang, sebab apa yang kita miliki sekarang tidak seperti yang kita inginkan. Kita juga sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain yang terlihat lebih beruntung dari kita. Karena iri hati, sering kali kita memandang bahwa orang lain menerima lebih banyak ketimbang kita.

Kecaman Tuhan Yesus atas Khorazim, Betsaida, dan Kapernaum seharusnya menjadi pelajaran bagi kita. Kita sering bersikap iri hati dan kurang menerima segala berkat dan anugerah yang telah Tuhan limpahkan kepada kita. Ada pepatah yang mengatakan, "Kebahagiaan itu bukanlah karena kita menerima apa yang kita inginkan, melainkan karena kita dapat mensyukuri apa yang telah kita terima dan miliki sekarang".

Marilah kita menghindarkan diri dari hukuman karena iri hati dan tidak mau percaya. Marilah kita mensyukuri segala sesuatu yang telah kita terima dari Tuhan. Atas dasar itulah, kita akan semakin kuat dalam iman percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus. Dengan dasar yang sama, kita semestinya semakin giat melayani Dia dalam memberitakan dan mewujudnyatakan Kerajaan Allah di dunia ini.

Mari kita belajar bersyukur, berserah, dan percaya kepada Tuhan atas segala yang telah diberikan-Nya di dalam kehidupan kita. [SRH]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/08/31/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Matius+11:20-24
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+11:20-24

Matius 11:20-24

20  Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
21  "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
22  Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
23  Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.
24  Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar