(e-SH) 24 Agustus -- Yakobus 5:12-20 - Komunitas Rohani

Posted On // Leave a Comment
e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 24 Agustus 2021
Ayat SH: Yakobus 5:12-20

Judul: Komunitas Rohani

Bacaan Alkitab hari ini adalah rangkuman dari semua pengajaran Yakobus kepada jemaat yang mengalami kesulitan dan perpecahan. Yakobus menguatkan jemaat untuk menjalankan kehidupan dalam komunitas yang saling mendukung dan melayani. Ia memberi peringatan akan sumpah (12), sikap saat menderita atau bergembira (13), sakit (14-15), pengakuan dosa dan doa (16-18), serta penggembalaan kepada jemaat yang tersesat (19-20).

Ada sebagian orang yang merasa sudah tidak membutuhkan komunitas rohani untuk bertumbuh. Alasannya karena perkembangan fasilitas dan teknologi telah memungkinkannya mengakses dan memperoleh segala materi yang diperlukannya. Ada pula yang enggan berkomunitas karena tidak ingin berkonflik dengan sesamanya. Belajar dari konflik dalam jemaat yang ditulis dalam surat Yakobus, alih-alih menghindarinya, kita justru diajak untuk wawas diri.

Keberadaan masing-masing pribadi memberi dampak kepada keseluruhan komunitas. Oleh sebab itu, tanggung jawab setiap anggota komunitas adalah hidup jujur, transparan, dan menjalin relasi tanpa berpolitik. Bersama dengan saudara seiman, kita membangun iman dan menghidupi relasi dengan Allah melalui doa.

Komunitas rohani yang kita harapkan adalah komunitas yang peduli dan melayani. Kita berharap para pemimpin tanggap dan hadir bagi mereka yang sakit. Demikian pula, ada inisiatif untuk menjangkau orang-orang yang tersesat. Selain itu, ada upaya memperbaiki kesalahan-kesalahan seperti sikap memihak, ketamakan, dan iri hati.

Komunitas rohani menjadi tempat bagi orang percaya untuk menjalankan praktik hidup mengasihi dan mengampuni. Kasih dipraktikkan dalam hidup sehari-hari, bukan sekadar retorika. Dalam komunitas rohani, konsep kasih yang abstrak menjadi sesuatu yang dialami dan dirasakan oleh jemaat. Oleh sebab itu, kita perlu memiliki komunitas rohani.

Dalam minggu ini, kita akan menghubungi satu teman yang lama tidak hadir dalam komunitas rohani. [MKG]

e-SH versi web: https://www.sabda.org/publikasi/sh/2021/08/24/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?Yakobus+5:12-20
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/Yakobus+5:12-20

Yakobus 5:12-20

12  Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.
13  Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!
14  Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.
15  Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.
16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.
17  Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
18  Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.
19  Saudara-saudaraku, jika ada di antara kamu yang menyimpang dari kebenaran dan ada seorang yang membuat dia berbalik,
20  ketahuilah, bahwa barangsiapa membuat orang berdosa berbalik dari jalannya yang sesat, ia akan menyelamatkan jiwa orang itu dari maut dan menutupi banyak dosa.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar